Pengertian dan Jenis Relief Control Valve

Relief Valve atau Pressure Relief Valve (PRV) adalah jenis safety valve yang digunakan untuk mengontrol atau membatasi tekanan dalam suatu sistem. Tekanan yang menumpuk dapat menciptakan gangguan proses, kegagalan instrumen atau peralatan, atau kebakaran. Tekanan dilepaskan dengan membiarkan fluida bertekanan mengalir dari saluran alternatif keluar dari sistem. Relief Valve dirancang atau diatur agar terbuka pada tekanan yang telah ditentukan sebelumnya untuk melindungi pressure vessels dan peralatan lainnya agar tidak terkena tekanan yang melebihi batas desainnya. Ketika tekanan yang disetel terlampaui, relief valve menjadi “path of least resistance” Karena valve dipaksa terbuka dan sebagian fluida dialihkan melalui rute alternatif.

Dalam kasus lain, peralatan harus dilindungi agar tidak mengalami internal vacum (yaitu,low pressure) yang lebih rendah daripada yang dapat ditahan oleh peralatan. Dalam kasus seperti itu,vacuum relief valves digunakan untuk membuka pada batas tekanan rendah yang telah ditentukan sebelumnya dan untuk memasukkan udara atau gas inert ke dalam peralatan sehingga mengontrol jumlah vakum.

Pressure Relief Control Valve
Pressure Relief Control Valve

Jenis Relief Control Valve dari cara penempatannya

Valve ini dapat di pasang di dalam sistem (internal bypass) maupun diluar sistem (eksternal), mari kita bahas satu persatu:

1. Relief valve yang di pasang di dalam sistem (internal system bypass).

Pada intinya adalah bypass antara jalur outlet dan jalur inlet, mengembalikan tekanan outlet kembali ke inlet yang berbeda ruang / sekat pada sebuah pompa.

Relief Valve Bypass Internal
Relief Valve Bypass Internal

Pada saat debit cairan mengisi cup dan tekanan pada discharge (outlet) mengalami peningkatan tekanan, maka akan menjadi tekanan bagi seal hingga memungkinkan cairan bergerak melalui jalur ke arah inlet pompa. Hal ini semacam menekan kekuatan pegas yang pengaturan-nya dengan memutar sekrup pegas sebagai pengatur tekanan relief yang dibutuhkan.

Relief valve Bypass Pump
Relief valve Bypass Pump

Ketika bypass tetap terbuka dan cairan di-resirkulasi dalam beberapa lama , energi gerakan cairan (fluida) dan gesekan fluida akan menyebabkan peningkatan suhu cairan. Dan kita harus menyadari bahwa ketika suhu fluida dalam sistem tidak melebihi nilai yang direkomendasikan, kondisi bypass dapat membuat kenaikan suhu yang cukup untuk menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam pompa. Jadi perlu perhatian dalam menggunakan bypass / Valve internal.

2. Relief valve yang di pasang di luar sistem (external system bypass).

Pressure relief valve
Pressure relief valve

Valve atau bypass relief di rancang dengan memasang valve dalam sistem, pada prinsipnya sama dengan Valve yang di pasang di dalam sistem (internal system bypass), namun valve dipasang diluar pompa di sepanjang instalasi pipa dan biasanya berada di dekat outlet pompa atau hulu dari katup lain dalam sistem

Jenis Relief Control Valve dari konstruksinya

1. Tipe Poppet

Konstruksinya terdiri dari valve, spring dam adjusting screw beserta shim / nut.

Relief Control Valve tipe-poppet
Relief Control Valve tipe-poppet

2. Tipe Piston

Konstruksinya terdiri dari piston valve, spring dam adjusting screw beserta lock nut.

Relief Control Valve tipe piston
Relief Control Valve tipe piston

3. Tipe Pilot

Konstruksinya terdiri dari pilot valve, 2 spring dam adjusting bolt beserta lock nut.

Relief Control Valve tipe-pilot
Relief Control Valve tipe-pilot

Tipe katup ini sama dengan tipe poppet dalam membebaskan tekanan oli tetapi berbeda saat akhir pembebasan olinya dan mudah dalam mengatur tekanan seperti mudahnya saat membebaskan oli. Naiknya tekanan akan menyebabkan pilot valve terbuka sehingga tekanan pada balance chamber turun dan main valve bergerak ke kanan yang selanjutnya membuka saluran yang lebih besar. Ketiga tipe katup pengontrol tekanan di atas ( pressure control valve ) umumnya dipakai untuk relief dan safety valve.

Be the first to comment