Advertisements

Cara Seting Mesin Press Hydraulic

Mesin Press Hydraulic

Mesin Press Mechanical

Dibanyak dunia industri mesin press banyak digunakan baik yang bekerja dengan sistem hydraulicyang sering disebut Mesin Hydraulic Press maupun mesin mechanical press. Pada dasarnya mesin press baik hydraulic press maupun mechanical press ini berfungsi untuk melakukan penekanan, baik untuk proses drawing, punching, blanking, fiting, shearing, bending, forging ataupun yang lainnya.

Pada mesin press hydraulic tenaga yang digunakan untuk menaikan dan menurunkan slide dengan memakai sistem fluida dalam hal ini medianya oli yang dialirkan ke hydraulic cylinder begitupun untuk die chusion sistem, semua contorol fluida menggunakan valve hydrraulic. Sistem fluida ini digerakan oleh pompa Hydraulic ( gear pump, vane pump atau piston pump) yang berfungsi memompa oli dari tanki yang diteruskan ke cylinder2. Untuk mengontrol besar kecilnya pressure, kecepatan gerakan cylinder, dan lainyadigunakan banyak valve mulai dari solenoidcheck valverelief valve dan lainya. Karena menggunakan sistem hydraulic mesin ini dapat dengan mudah diatur atau di setting gerakannya maupun tenaganya, namun untuk masalah tenaga tergantung pada kemampuan tenaga motor yang digunakan untuk menggerakan hydraulic pump.

Sedangkan pada mesin Mechanical press menggunakan sistem mechanical dengan menggunakan fly whell yang digerakan elektro motor, yang diteruskan ke crank shaft yang selanjutya menggerakan slide untuk naik dan turun. Kontrol posisi dari gerakan slide menggunakan sistem clutch and break, dimana tenaga yang digunakan adalah pneumatic. Penumatic sistem pada mesin ini biasanya digunakan untuk balancer dan die cushion. Sehingga kita sering melihat adanya tabung udara baik dipasang di atas ( crown deck) maupun dibawah mesin atau dibelakang mesin.

Dari kedua type mesin press ini dalam hal tenaga yang dihasilkan cukup bervariasi, mualai dari press machine yang bertenaga 20 tons hingga ribuan tons. Namun demikian untuk mesin mechanical press biasanya yang beredar diindonesia hanya sampai 2500 tons, lain halnya dengan hydraulic press. Untuk Mesin Press yang besar biasanya terbagi menjadi bebrapa bagian, hal ini dikarena berat totalnya yang culup besar ( diatas 40 tons) agar memudahkan proses installasi. Bagian tersebut terdiri dari Bed, Side Frame, Crown, Slide, bolster Cylinder hudraulic, panel dan accesories lainnya. Ketika akan melakukan proses installasi yang perlu dicek adalah parallel level dari base plate ( base plate harus punya ketebalan denga toleransi sebaik-baiknya. Jangan sampai posisi base plete mempunyai selisih ketinggian yang jauh karena akan mempersulit saat leveling bed.

Advertisements
 

Ada yang ingin ditanyakan silahkan :

1. Jika ada Pertanyaan tentang Product ataupun harga silahkan langsung hubungi :

 .

2.  Jika ada pertanyaan atau diskusi Tentang tulisan ini silahkan email ke admin@rudywinoto.com

.

Atau silahkan isi kolom dibawah ini dan klik submit  

.  

 
About Rudy Wiratama (966 Articles)
rudywinoto.com/wmablog.com/flowmasonic.com

1 Comment on Cara Seting Mesin Press Hydraulic

  1. slamet sugiarto // 19/02/2012 at 14:39 //

    artikel bagus bisa tuk belajar bagi perawatan mesin.

Comments are closed.

%d bloggers like this: