Flowmeter pompa pemadam Kebakaran

Fire pump test meter

Pada sistem pemadam kebakaran kapasitas pompa biasanya disesuikan dengan persyaratan yang telah ditentukan. Pengecekan kapasitas sitem pemadam ini bisanya di ukur tentang flow rate dan pressurenya.

Untuk flow rate biasanya menggunakan flow meter yang mempunyai sertifikat atau di approve oleh sistem pemadam kebakaran internasional. Flow meter pompa pemadam kebakaran merek gerand engineering telah mempunyai persyaratan tersebut.

Flow meter pompa pemadam merupakan flow meter yang digunakan untuk :

  1. Mengetes kapasitas sistem pemadam kebakaran
  2. Memantau kapasitas pompa sistem pemadam kebakaran
  3. Mengetahui performa dari sistem pompa pemadam kebakaran.

Flowmeter pemadam Kebakaran yang digunakan untuk sistem pemadam kebakaran ini menggunakan jenis venturi dengan penunjukan kapasitas berupa dial gauge.

Flow meter pompa Kebakaran atau Fire pump flow meters system ini biasanya harus memenuhi  persyaratan yang telah ditentukan. Biasanya berkaitan dengan perusahaan asuransi global tentang pemadam kebakarann dan biasa disebut dengan ” FM Approvals Class”.

Flowmeter pompa pemadam  jenis venturi ini biasanya diapasang pada discharge pompa  dengan jarak up stream dan down stream yang ditentukan. Penentuan jarak up stream dan down streanm ini  harus diikuti agar pembacaan kapasitas atau flow rate akurat.

Flow meter gerand engineering untuk sistem pemadam kebakaran ini mepunyai 3 jenis koneksi yaitu :

  1. Butt weld end
  2. Grooved end
  3. Flangeend

Gerand Flow meter pompa pemadam mempunyai 2 ukuran berdasarkan dimensi yaitu  K model  dan M Model. Ukuran dari diameter dial gauge  K model adalah $” sedangan yang M model berukuran 6″.

Model, Type dan kapasitas flowmeter pompa pemadam kebakaran

Advertisements

2 thoughts on “Flowmeter pompa pemadam Kebakaran

  1. Selamat malam, mas rudy winoto, kalau boleh saya minta, apakah mas punya refrensi/file pdf yg berkaitan prinsip kerja macam2 instrumentasi seperti flowmeter, pressure transmitter, temperature transmitter, dan lain2?? Terimakasih sebelumnya..