Water flow sensor

Definisi dan fungsi water flow sensor

Water flow sensor merupakan flow sensor yang penggunaanya untuk mendeteksi aliran air. Baik itu aliran yang mempunyai pressure tertentu, aliran air dengan tekanan sangat kecil serta kecepatan aliran yang minim maupun untuk aliran air di tempat terbuka seperti di parit, sungai atau saluran irigasi. Water flow sensor ini banyak juga yang menyebut dengan istilah meteran air, flow meter air atau water flow meter.

water flow sensor untuk water ini mempunyai beberapa jenis sesuai dengan fungsi serta tujuan pemasangannya. Untuk aplikasi di industri water flow sensor bisa digunakan sebagai switch , untuk memantau ada tidaknya suatu aliran dalam sistem pemipaan tertutup. Water flow sensor ada juga yang difungsikan untuk memantau karakteristik aliran air, guna mengetahui besarnya kapasitas aliran dalam sitem pemipaan tertutup agar bisa menjaga performa dari mesin ,  mengetahui kwalitas dari pompa dan sebagainya. Karena jenis dan kapasitas flow sensor akan berhubungan dengan harga flowmeter atau flow sesnsor itu sendiri.

WUF100CF

Untuk menjaga performa mesin pada sistem water cooling, flow sensor bisanya difungsikan sebagai switch, guna memberikan signal baik berupa alarm maupun contact (NO/NC). Tujuan dari signal ini adalah agar proses berhenti karena sistem aliran air yang berfungsi mendinginkan mesin tidak jalan atau diluar standart yang di tentukan. Apabila flow sensor tersebut tidak berfungsi dengan baik bisa menyebabkan terjadinya over heat dari mesin yang bisa berakibat kerusakan mesin.

Selain fungsi diatas water flow sensor ini bisa juga diaplikasikan untuk menghitung banyaknya air yang telah mengalir, guna menjaga konsistensi kwalitas proses pencampuran dan pengadukan dari jenis cairan yang berbeda sperti banyak di gunakan di industri makanan dan minuman.

Karena berfungsi sebagai sensor maka pengoperasian kebanyakan menggunakan electric,  bisa menggunakan daya listrik AC maupun daya listrik DC ataupun bisa juga yang menggunakan Battery. Pemakain listrik ini disesuaiakan dengan daya listrik yang tersedia maupun komponen lainya yang ada hubungannya dengan tujuan pemasangan water flow sensor.

Untuk tujuan tertentu water flow sensor bisa juga memberikan output analog 4-20 mA, pulse, ataupun alarm. Dan jika ingin dihubungan dengan sitem komunikasi juga tersedia RS232 atau RS485. Semua out put dari flow sensor untuk water ini pada dasarnya bisa di custom sesuai dengan keinginan kita.

DFDSXF

Material Water Flow Sensor

Material dari water flow sensor juga bermacam macam ada yang dibuat dari bahan non metal seperti PVC, PDFE, atau polypropilyn dan ada juga yang terbuat dari brass, stainless steel maupun ultrasonic bahkan untuk bahan yang kimia yang sangat korosif ada juga yang dibuat dari tantalum, dan untuk bahan yang sangat abrasiv bisa juga dibuat dari material titanium. Semakin mahal material flow tube maka bisa dipastikan harga flow meter makin mahal, karena itu jenis material flow tube ini benar benar di perhatikan dan disesuaikan dengan karakteristik fluida yang di ukur untuk menghindari terlalu tinnginya investasi flow meter.

Parameter diatas adalah kondisi umum saat kita menentukan pemilihan jenis water flow sensor yang akan kita beli dan untuk lebih tepatnya sebaiknya menghubungi penjual water flow sensor dan menyampaikan semua spesifikasi dan tujuan pemasangan sensor water tersebut. Hal ini tidak lain adalah agar kita bisa mendapatkan water flow sensor yang lebih tepat dan sesuai dengan spesifikasi yang kita inginkan serta bisa mendapatkan harga flowmeter yang sesuai dengan kebutuhan dengan manfaat yang maksimal.

Fungsi water flow sensor.

Dari uraian diatas  Flow sensor mempunyai fungsi untuk :

  • Mengetahui Kecepatan ALiran ( Velocity) dengan satuan jarak/waktu
    • Satuan unit pengukuran : (meter/menit, meters/detik dll
  • Mengetahui Kapasitas Aliran ( Flow Rate ) dalam pipa
    • Satuan unit pengukuran : (LPS, LPM, LPH, M3/H, M3/Menit, GPM, GPH dll
  • Mengetahui Jumlah Total Volume yang telah mengalir ( Totalizer)
    • Satuan Unit : m3, liters, gallon dll
  • Control atau monitor dengan adanya output berupa analog out put : 4-20mA, pulsa, RS485, relay contact dan lainya.

Karena itu saat menentukan jenis flow sensor water sebaiknya diberikan informasi yang memadai, tentang jenis cairan serta karakteristik sistem seperti besarnya pressure dalam sistem, besarnya temperature dari cairan serta karakteristik kimia dari air yang mengalir,  termasuk kandungan solid jika memang air yang akan diukur tersebut terdapat kandungan solidnya serta tingkat keasamanya.

9118d-dsc_0051

 

Harga Water Flow sensor

Seberapa mahal harga flow meter mungkin link berikut ini bisa dipakai sebagai referensi dasar dan ingat hanya untuk referensi aja bukan harga yang real time :

 


 Berikut Model dan type flow sensor yang banyak di gunakan di industri  seperti : 

Advertisements