Cara instalasi flowmeter magnetic

Ada dua jenis cara instalasii flow meter magnetic yaitu insertioan dan inline

water flow meter electromagnetic

Komponen Flow Meter magnetic

Flow meter magnetic  digunakan untuk cairan yang mempunyai conductivity diatas 20 micro siemens seperti air limbah, air laut, air lumpur. Cara instalasi flowmeter magnetic harus dilakukan sesuai dengan kaedah dan cara kerjanya agar kita bisa mendapatkan fungsi yang maksimal.

Seperti kita ketahui flow meter magnetic mempunyai jenis material yang berbeda disesuaikan dengan jenis cairan yang akan diukur. Karena itu harus dilakukan sesuai prosedur yang di tentukan oleh manufacture flow meter magnetic. Sebaiknya  Sebelum membeli flow meter air jenis magnetic,  kita harus memberikan spesifikasi cairan, posisi instalasi dan lainnya yang dianggap penting.

Flow meter magnetic  mempunyai 2 bagian yaitu magnetic flow sensor dan converter atau magnetic flow transmitter. Magnetic flow sensor mempunyai 4 bagian yang penting yaitu electroda, liner dan flow tube serta connectionnya. Dari 4 bagian ini mempunyai jenis material berbeda yang pemilihannya tergantung pada jenis cairan dan syarat lainya.

Jenis Instalasi flowmeter magnetic

Berikut ini bisa dipakai sebagai pedoman dasar cara installasi magnetic flow meter agar akurasi dan fungsi pemasangan flowmeter  optimal

Jenis insatllasi magnetic flow meter ada dua yaitu in line installation dan insertion installation. Untuk jenis inline harus disesuaikan flange dari class pressure, Jenis flange ( PN, ANSI atau JIS) dan jenis material. Untuk installasi  jenis Insertian bisa menggunakan saddle fitting atau welded fitting.

Jenis insertion ini cocok jika digunakan pada ukuran pipa yang besar diatas 6″ dan sebaiknya menggunakan welded fitting. Ini dikarenakan harganya lebih murah dan untuk memudahkan maintenance dipasang ball valve. Tujuan pemasangan ball valve adalah jika terjadi kerusakan atau maintenance tidak perlu mematikan aliran air terlalu lama.

Sebelum melakukan installasi flow meter magnetic pastikan dulu pemilihan jenis compact atau integral atau splite atau remote. Apabila posisi Instalasi berada pada ketinggian diatas 1,5 meter sebaiknya mengunakan jenis remote. Jika posisi di parit dan terendam air saat hujan  sebaiknya menggunakan type remote dengan class water proof ( IP68 )

Dikarenakan cara kerja magnetic flow meter menggunakan hukum faraday, yang mampu mentransfer signal sensor electrode pada transmitter dengan menghasilkan velocity pada luasan area tertentu, tidak menginstal  flow meter air jenis magnetic di dekat medan magnet yang kuat karena hal ini akan mengganggu operasi. Generator semacam medan magnet yang transformer, motor listrik atau HV atau sirkuit arus tinggi.

Hal kedua adalah menghindari gelembung udara atau gas dalam cairan yang akan diukur oleh magnetic flow meter. hal ini karena berkaitan dengan perhitungan yang didasarkan pada hukum faraday electromagnetic. Hal ini terkadang menjadi masalah dalam kondisi posisi arah aliran yang rendah seperti sistem gravitasi atau dekat katup udara pada installasi pompa. Oleh karena itu untuk memastikan tidak adanya gelembung udara dalam aliran liquid pada pipa ada baiknya installasi pipa dibuat miring sedikit mungkin bisa di buat kemiringan 3 derajad untuk memastikan adanya gelembung udara yang terjebak dalam pipa bisa keluar dengan mudah. Dan jika bisa memilih posisi sang sempurna adalah pada kondisi pipa vertikal dengan aliraan dari bawah ke atas.

Baca Juga :

 

Advertisements