Advertisements

Water Flow Meter

Water flow meter atau liquid flow meter atau Flow meter air ada beberapa type yang bisa digunakan disesuaikan dengan jenis fluid yang mengalir dan fungsi flow meter air sendiri. Yang dimaksud dengan flow meter air atau water flow meter atau water meter adalah jenis liquid yang mana basenya adalah water.
Pada dunia industri manufacture, oil and gas, pertambangan, perhotelan, rumah sakit dan lainnya water flow meter atau flow meter air atau liquid flow meter ini dapat dikelompokan pada jenis liquid air dan prosesnya :
  • Flow meter limbah
  • Chemical flow meter
  • Flow meter air bersih
  • Flow meter air murni ( demin water )
  • Raw water Flow Meter
Ada beberapa jenis flow meter yang aplikasinya cocok digunakan pada jenis fluid diatas dimana tetap mengacu pada cara kerja flow meter dan juga pada aplikasi yang diinginkan oleh para pemakai flow meter. Untuk Flow meter yang sering digunakan adalah :
  • Flow meter electromagnetic / Mag Flow Meter
  • Turbine Flow meter
  • Ultrasonic flow meter
  • Woltman Flow Meter
  • Padle Flow meter

Untuk jenis Fluid yang basenya water yang mengandung kotoran baik itu kotoran limbah maupun karena raw waternya seperti air dari sungai karena adanya kotoran sampah atau pasir, mungkin jenis flow meter yang cocok adalah Jenis Flow meter yang tidak mempunyai komponen yang bergerak dalam sensornya atau bisa juga untuk jenis flow meter yang tidak mempunyai contact langsung dengan liquid. Dimana untuk kedua jenis flow meter ini karena sifat dan cara kerja flow meter membuat karakteristik sensornya akan lebih awet dan akurasinya lebih terjamin karena tidak terpengaruh adanya kotoran-kotoran dalam fluid.

Namun demikian karena sifat dan karakteristik kerja flow meter ini menuntut adanya kesempurnaan aliran, seperti tidak boleh adanya rongga-rongga udara karena akan dibaca sebagai aliran palsu ,yang menyebabkan sensor tidak mampu membaca dengan baik, kecuali jenis dopler ultrasonic yang harganya sangat mahal. dan untuk electromagnetic flow meter cukup banyak disukai karena akurasinya cukup memadai dan harganya juga tidak mahal walaupun ada kelemahan disebabkan jika aliran fluida terjadi turbulen. Namun demikian untuk mengatasi turbulen pada jenis electromagnetic bisa juga aplikasinya dengan menggunakan air drain ( pembuangan udara ) yang bisa dipasang setelah electromagnetic flow meter.

 

Sedangkan untuk fluida dengan base water namun mempunyai PH atau tingkap keasaman atau kebasan terlalu ekstrim, selain digunakan ultrasonic ( non contac ) bisa juga digunakan electromagnetic dengan bahan non metal (  Plastic atau PVC) atau jika fluid tersebut bersih bisa juga digunakan jenis flow meter turbine dengan bahan dari PVC atau mungkin bisa digunakan matrial stainless steel 316L.

Dengan karakteristic elecromagnetic flow meter yang tidak mempunyai bagian/part yang bergerak dalam tabung flow meter, type electromagnetic flow meter ini cocok sekali jika dipakai untuk fluida / cairan yang tidak bersih / kotor, baik itu karena adanya kotoran berupa serat, getah, pasir ataupun rumput dan kotoran lainnya sepanjang cairan tersebut mengandung conductivity yang di persyaratkan.

Pada dasarnya hampir semua jenis flow meter dapat digunakan untuk aplikasi flow meter yang menggunakan dasar air. Namun demikian pemilihan jenis flow meter tetap di pertimbangkan agar kita bisa mendapatkan jenis flow meter yang sesuai dengan aplikasi yang kita perlukan dengan pertimbangan kecocokan akurasi dan biaya yang di keluarkan baik biaya maintenance maupun harga flow meter nya itu sendiri. Jenis flow meter atau type flow meter yang sering digunakan dalam dunia industri untuk flow meter dengan liquid air adalah :

  • Turbine flow meter
  • Coriolis mass flow meter
  • Magnetic Flow meter
  • Ultrasonic Flow meter
  • Vortex Flow meter
  • Variable area flow meter
  • Thermal mass flow meter
  • PD Flow meter
  • Orifice Flow Meter
  • woltman type water meter
  • etc
Advertisements

Recent Posts: Flow meters Wiratama

Elektrogas Automatic Safety Solenoid Valves

Safety solenoid valves for air and gas from delta elektrogas has many models such as VMM, vmh, vmr, vml, and VMRNA

VMH Elektrogas Safety shut off valves for gas

The VMH type valve is a safety shut off valve for gas with a hydraulic actuator. It is suitable for air or gas blocking and releasing controls, required in the main pipe of gas power burners, atmospheric gas boilers, industrial kilns, and others gas-consuming appliances

Solenoid Valve Shako Pneumatics

SHAKO Pneumatics has dedicated its entire resources to the field of pneumatic products and committed its energies to develop and produce new products

Air Diaphragm Pumps

An Air Diaphragm Pumps is a type of positive displacement pump that uses compressed air as a power source.

Vane Air Motors and Air Gear Motors Tonson

Air Motors are designed to operate by compressed air. For applications, where positive braking is a requirement, a range of caliper brakes is offered.

Air Winches for lifting and pulling in Hazardous Area

An air winch is powered by compressed air instead of electricity. The drive mechanism of the air winch will begin to power the cable drum and effectively raising or lowering the attached load

Perlunya Resetting dan Kalibrasi Flow meter secara berkala

kalibrasi flow meter dimaksudkan untuk mengembalikan performa flow meter guna mendapatkan faktor ketidak pastian pengukuran, yang merupakan akurasi flow meter dengan flow caliberator dan resetting

Dimensi Flange ANSI

Dimensi Flange Ansi#150

VALCOM – PRESSURE SENSOR

Valon pressure sensor products, vpr2, vprv-d, VSW2, VPRT, VDP4, VFM, VPRH, VPMC, Pressure Meter

Showa Giken Pearl Rotary Joint and Swivel Joint

Showa Giken Pearl Rotary Joints and Swivel joint are used for supplying/discharging compressed or decompressed fluid/gas from a fixed piping to the rotary section of various machines with no leak

 

Ada yang ingin ditanyakan silahkan :

1. Jika ada Pertanyaan tentang Product ataupun harga silahkan langsung hubungi :

 .

2.  Jika ada pertanyaan atau diskusi Tentang tulisan ini silahkan email ke admin@rudywinoto.com

.

Atau silahkan isi kolom dibawah ini dan klik submit  

.  

 
About Rudy Wiratama (987 Articles)
rudywinoto.com/wmablog.com/flowmasonic.com
%d bloggers like this: