Prosedur Pengoprasian flowmeter portable

Prosedur pengoprasian flow meter portable ultrasonic

Flow Meter Ultrasonic Portable SiteLab

Ultrasonic portable flow meter

Flow meter portable adalah jenis flow meter yang mempunyai karakteristik bisa di bawa kemana mana. Portable flow meter mempunyai sifat ringan, cepat penggunanya, bisa dipaka untuk jenis semua fluida. Juga bisa digunakan untuk mengukur debit fluida dan bisa di gunakan untuk segala jenis ukuran pipa dengan range tertentu.

Karena dinamakan portable maka flowmeter ini harus bisa movable dan sifatnya tidak diinstall di satu titik dengan waktu yang lama. Flow meter portable harus  mempunyai keunggulan cara pengoprasian yang cepat baik waktu installasinya mupun waktu uninstallasi.

Karena sifat movable maka harus ringan baik itu untuk mengukur diameter pipa kecil maupun diameter pipa diatas 40 inch. Flowmeter harus dapat dioperasikan tanpa tergantung ketersediaan power listrik, tapi menggunakan battery yang bisa diharge layaknya HP.

Dalam pengoperasianya flow meter portable harus bersifat non destructive tanpa memotong pipa maupun melubangi pipa. Yang kita lakukan  menggunakan sensor yang cukup di tempel di permukaan luar pipa.

Sesuai dengan fungsinya  flowmeter portable harus bisa menyajikan data berupa kecepatan aliran, flow range dan volume atau totalizer fluida.

Jenis flowmeter portable hanya dimiliki oleh type flowmeter ultrasonic yang instalasinya clamp on. Dimana mempunyai 3 bagian utama yaitu sensor ultrasonic yang sering disebut dengan transducer, trasnmitter ultrasonic dan transducer cable.

Ultrasonic transducer berfungsi sebagai sensor yang menangkap dan mengirimkan signal ultrasound guna mendapatkan flow velocity. Ultrasonic flow transmitter berfungsi sebagai penyaji hasil pengukuran yang berupa kecepatan airan, flow rate aliran dan totalizer.

Komponen flow meter ultrasonic

Untuk kasus tertentu bisa juga menyajikan temperature serta pressure aliran yang dihubungkan dengan preessure sensor serta temperature sensor. Untuk menghubungkan sensor ultrasonic ke transmitter dilengkapi dengan cable sensor yang sistem koneksinya dengan plug in berupa electrical connector.

Jenis ultra sonic flow meter transit time biasanya dilengkapi dengan transducer 1 pasang atau 2 pcs. Transducer dari manufacture tertentu mempunyai ukuran yang berbeda-beda dengan ukuran kecil hingga besar yang aplikasinya disesuaiakan diameter pipa.

Saat ini portable flow meter jenis transite time udah banyak yang bisa diconect ke laptop atau PC. Ada juga yang dilengkapi dengan data logger atau eksternal memory berupa SD card atau flash disk.

Data hasil pengukuran flow meter bisa didown load di computer atau Laptop secara langsung menggunakan koneksi kabel RS232 atau USB. Untuk yang menggunakan data logger eksternal bisa menggunakan memory berupa SD card bisa langsung dicolok ke laptop atau menggunakan card reader.

Portable ultrasonic flow meter yang beredar di pasaran ada 2 ukuran. Yang sering kita temui adalah jenis hend hel flow meter seukuran genggaman tangan dan  portable flow meter tanpa kata lainya.

Karakteristik portable flow meter

Portable flow meter harus  memiliki karakteristik sebagai berikut

  • Ringan dan mudah di bawa keman mana
  • Cara pengoprasianya sederhana
  • Cara instalasinya cepat tanpa harus memotong pipa atau melubangi pipa
  • Mampu dioperasikan pada semua jenis material pipa
  • Bisa di gunakan Untuk ukuran diameter pipa yang luas dari 1/2 inchi hingga 200 inchi
  • Dapat digunakan untuk segala macam jenis cairan yang homogen
  • Dapat menyimpan data hasil pengukuran dan di down load di laptop atau komputer
  • Menggunakan power Battery yang bisa di charge

 

Advertisements