Advertisements

Flow meter demin water

Jenis Flow meter yang digunakan untuk air demin

Definisi flow meter air demin

Flow meter demin water adalah flowmeter yang digunakan untuk mengukur aliran air yang telah melalui proses penghilangan kandungan mineral mineral. Dengan hilangnya kandungan mineral ini maka konduktivitas air diharapkan mencapai atau mendekati nol.  Artinya anion dan kation yang terkadnung dalam air berupa mineral kalsium, magnesium atau lainya hilang.

Karena Air demin memiliki konduktivitas sangat kecil dan mendekati nol maka harus ditreatment tersendiri proses penggunanya. Semua peralatan yang dilewati air demin jangan menggunakan material yang mengandung ferro, karena mudah teroksidasi yang bisa mengkontaminasi air demin. Air demin mempunyai sifat korosif karena itu gunakan material seperti stainless steel, pvc, hdpe, teflon atau yang tidak mudah teroksidasi.

Water Flow meter untuk air demin diusahakan terbuat dari material non metal atau untuk proses minuman menggunakan material food grade. Jenis material yang digunakan sebaiknya SUS316L atau Teflon atau lainya yang punya kelas food grade.

Karena air demin mempunyai konduktivitas yang sangat kecil bahkan mendekati  nol micro siemens, sebaiknya jangan menggunakan flow meter magnetic. Penggunaan flow meter magnetic akan berakibat tidak terbacanya aliran karena persyaratan konduktifitas tidak terpenuhi.

Jenis Flow meter untuk air demin

Gunakanlah jenis flow meter paddle wheel yang mempunyai bahan material sensor body pvc, sus316 atau polypropylene. Begitu juga komponen didalam flowmeter, harus menggunakan material  non metal seperti teflon, polyethelene dengan shaft stainless steel atau  carbide.

Selain diatas, sangat cocok jika menggunakan flow meter air demin dari jenis  clamp on ultrasonic flow meter. Jenis flowmeter ini cocok, karena tidak ada komponen dari flow sensor yang contact langsung dengan air demin. Cara instalasinya dengan menempelkan dan mengclamp sensor ultrasonic atau transducer  flow meter pada permukaan luar pipa.

Karena tidak ada bagian yang contact langsung dengan cairan, maka flow meter ini aman terhadap sifat korosif dan pressure tinggi. Flow meter jenis clamp on ultrasonic bisa diaplikasikan pada semua jenis material dan ukuran diameter pipa dari  DN15 – DN6000.

Untuk tingkat akiurasi,  flow meter ultrasonic berada pada kisaran 1% – 1,5%, jadi cukup akurat untuk mengukur aliran air demin. Flow meter ultrasonic mempunyai 4 jenis  instalasi dan fungsi yaitu portable flow meter, in line, clamp on dan insertion. Untuk Jenis  material sensor atau ultrasonic transducer yang biasanya diguanakan adalah  non metal dan stainless steel.

Flow meter ultrasonic

Flowmeter ultrasonic adalah jenis flow meter yang  kerjanya menggunakan ultra sound melalui transducer dengan sistem instalasi clamp on, in line dan insertiion.  Flow meter ultrasonic yang banyak dikenal adalah jenis portable  karena mudah pengoprasianya,  dapat dibawah kemana mana, ringan dan compact.

Jenis flow meter ultrasonic ada 3 yaitu inline ultrasonic flow meter, portable flow meter, clamp on flow meter dan open channel flow meter Yang paling banyak dikeanl penggunanya adalah jenis clamp on dan portable.

Keuntungan dari penggunaan arus meter ultrasonic flow meter jenis instalasi clamp on adalah cara instalasinya tanpa memotong pipa. Dan karena tidak ada bagian sensor yg bergerak maka menghindari pressure drop dari aliran.

Flow meter ultrasonic jenis clamp on dapat di pasang pada berbagai jenis material pipa dan berbagai ukuran diameter pipa. Diameter pipa yang bisa dipasang mulai dari DN 15 hingga DN600. Water meter jenis ultrasonic ini mempunyai akurasi 1% untuk yang single channel dan 0,5% untuk yang multi channel.

 

Jenis Flow Meter Ultrasonic untuk air Demin

1. Ultrasonic Clamp on Flow Meter

Flowmeter ultrasonic merupakan tipe flow meter yang cara kerjanya mengukur kecepatan aliran fluida dengan menggunakan ultrasound sehingga dengan perhitungan volume yang mengalir bisa terbaca di transmitter ultrasonic.

Dengan menggunakan sensor ultrasonik atau sering disebut transducer ultrasonic flowmeter dapat mengukur kecepatan rata dari aliran fluida dalam pipa dengan cara mengukur rata rata perbedaan waktu antara waktu pengiriman signal dan penerimaan signal dengan arah aliran.

DSC_0497WUF100CF

Clamp on ultrasonic flowmeter ini cara instalasi dan cara kerjanya hampir sama dengan portable ultrasonic flow meter. Yang membedakan adalah flow meter ini menggunkan power yang fix dan flow meter ini biasanya digunakan untuk operasional yang lama dan digunakan untuk membaca dan dapt juga menyimpan hasil pembacaan flow dalam pipa.

Sebagaimana umumnya flow meter clamp on ultrasonic mempunyai output analag 4-20 mA, alarm, relay, pulse maupun communication RS232 atau RS485. Sedangkan untuk jenis flow transmitter atau ultrasonic flow computer ada yang berjenis wall mount, pannel mount maupun pipe mount. Sedangkan untuk power suplai juga ada yang menggunakan AC 220 VAc maupun 24 Vdc

Info lebih lanjut product clamp on ultrasonic flowmeter silahkan click

2. Ultrasonic In Line Flowmeter

Ultrasonic Flow meter yang banyak beredar digunakan di dunia industri selama ini lebih banyak menggunakan jenis flowmeter yang cara installasinya menggunakan sistem clamp on yaitu instalasi yang tidak perlu memotong pipa maupun melubangi pipa. Karena itu anggapan sebagaian besar para enginner jika di sodorkan ultrasonic flow meter selalu di indentikan clamp on flow meter. Padahal ultrasonic flow meter ini merupakan satu satunya flow meter yang mempunyai karakteristik dalam melakukan installai tidak perlu dilakukan dengan mengehentikan aliran dalam pipa terlalu lama dan diidentikan tanpa harus menutup valve atau mematikan pompa.

Padahal Ultrasonic flow meter ada juga yang menggunakan sitem installasinya harus mematikan pompa atau menutup valve dan melakukan peotongan pipa. Jenis ultrasonic flow meter yang instalasinya harus melakukan pemotongan pipaa dan di lanjutkan dengan memasang flange atau membuat ulir dinamakan dengan istilah InLine ultrasonic flow meter seperti pada gambar dibawah ini.

d64c3-sl1438b-4  20170607_162227

 Info lebih lanjut product In line ultrasonic flowmeter silahkan click

3.  Ultrasonic Portable Flow Meter

Flow meter portable mulai terkenal saat dikenalkanya flow meter jenis ultrasonic dimana cara penggunaan dan instalasinya cukup mudah dan cepat serta  dapat dibawah kemana mana.

Portable flowmeter ini menggunakan jenis clamp on flow meter dimana sensor atau sering di sebut dengan transducer ultrasonic cukup di clamp pada permukaan luar pipa, Karena prosesn insatlasi tanpa memotong pipa atau melubangi pipa maka biaya instalasi dari flow meter clamp on sangat murah dan cepat.

Untuk jenis flow meter portable biasanya di lengkapi dengan data logger vaik itu secara internal maupun external dan untuk power karena sifatnya portable biasanya menggunakan battery yang bisa di charge dan umumnya battery mampu bekerja pada waktu cukup lama diatas 5 jam.

Info lebih lanjut product portable flow meter silahkan click

Untuk info  jenis flow meter ultrasonic  silahkan klik : Jenis Flow Meter Ultrasonic

 

.

Advertisements

Recent Posts: Flow meters Wiratama

Elektrogas Automatic Safety Solenoid Valves

Safety solenoid valves for air and gas from delta elektrogas has many models such as VMM, vmh, vmr, vml, and VMRNA

VMH Elektrogas Safety shut off valves for gas

The VMH type valve is a safety shut off valve for gas with a hydraulic actuator. It is suitable for air or gas blocking and releasing controls, required in the main pipe of gas power burners, atmospheric gas boilers, industrial kilns, and others gas-consuming appliances

Solenoid Valve Shako Pneumatics

SHAKO Pneumatics has dedicated its entire resources to the field of pneumatic products and committed its energies to develop and produce new products

Air Diaphragm Pumps

An Air Diaphragm Pumps is a type of positive displacement pump that uses compressed air as a power source.

Vane Air Motors and Air Gear Motors Tonson

Air Motors are designed to operate by compressed air. For applications, where positive braking is a requirement, a range of caliper brakes is offered.

Air Winches for lifting and pulling in Hazardous Area

An air winch is powered by compressed air instead of electricity. The drive mechanism of the air winch will begin to power the cable drum and effectively raising or lowering the attached load

Perlunya Resetting dan Kalibrasi Flow meter secara berkala

kalibrasi flow meter dimaksudkan untuk mengembalikan performa flow meter guna mendapatkan faktor ketidak pastian pengukuran, yang merupakan akurasi flow meter dengan flow caliberator dan resetting

Dimensi Flange ANSI

Dimensi Flange Ansi#150

VALCOM – PRESSURE SENSOR

Valon pressure sensor products, vpr2, vprv-d, VSW2, VPRT, VDP4, VFM, VPRH, VPMC, Pressure Meter

Showa Giken Pearl Rotary Joint and Swivel Joint

Showa Giken Pearl Rotary Joints and Swivel joint are used for supplying/discharging compressed or decompressed fluid/gas from a fixed piping to the rotary section of various machines with no leak

 

Ada yang ingin ditanyakan silahkan :

1. Jika ada Pertanyaan tentang Product ataupun harga silahkan langsung hubungi :

 .

2.  Jika ada pertanyaan atau diskusi Tentang tulisan ini silahkan email ke admin@rudywinoto.com

.

Atau silahkan isi kolom dibawah ini dan klik submit  

.  

 
About Rudy Wiratama (979 Articles)
rudywinoto.com/wmablog.com/flowmasonic.com
%d bloggers like this: