Flow meter demin water

Flow meter demin water adalah flow meter yang di gunakan untuk mengukur aliran air yang telah melalui proses pengolahan air guna removel mineral hingga kation serta anion yang terkandung dalam air. Demin water ini karena konduktivitasnya kecil sekali bahkan mendekati nol maka harus di treatment tersendiri proses penggunanya seperti tidak bisa di alihkan pada pipa yang mengandung fero karena mudah teroksidasi yang bisa mengkontaminasi air demin itu sendiri.

Water Flow meter untuk air demin atau air suling diusahakan terbuat dari material non metal atau untuk proses makanan dan minuman menggunakan material stainless steel yang kelasnya food grade seperti SUS316.  Untuk industri diluar makanan dan minuman material pipa ataupun flowmeter bisa menggunakan pipa material PVC atau HDPE.

Karena air demin air suling ini mempunyai konduktivitas yang sangat kecil bahkan mendekati  nol micro siemens, sebaiknya jangan menggunakan flow meter magnetic karena tidak akan bisa membaca aliran air demin. Jenis flow meter yang digunakan bisa paddle wheel yang mempunyai bahan material sensor body pvc, sus316 atau polypropylene dan untuk material paddle dari non metal esperti teflon atau polyethelene dengan shaft stainless steel atau  carbide.

Selain itu bisa juga digunakan flow meter air demin dari jenis ultrasonic clamp on yaitu dengan menempelkan sensor flow meter pada permukaan luar pipa. Ultrasonic flow meter clamp on ini tidak ada bagian sensor yang contact langsung dengan air demin jadi cukup aman. Flow meter ini bisa di gunakan untuk semua jenis material pipa dan pada ukuran dimeter pipa dari 1/2 inchi hingga 200 inchi.

Untuk akurasi flow meter ultrasonic berada pada kisaran angka 1% – 1,5%, jadi cukup akurat untuk mengukur aliran air demin. Untuk aplikasi di air demin flow meter ultrasonic juga mempunyai jenis in line ultrasonic flow meter dengan bahan material untuk flow tube menggunakan stainless steel. Berikut ini jenis ultrasonic flow meter yang dapat di gunakan untuk aplikasi pada air demin maupun air RO :

1. Ultrasonic Clamp on Flow Meter

Flowmeter ultrasonic merupakan tipe flow meter yang cara kerjanya mengukur kecepatan aliran fluida dengan menggunakan ultrasound sehingga dengan perhitungan volume yang mengalir bisa terbaca di transmitter ultrasonic.

Dengan menggunakan sensor ultrasonik atau sering disebut transducer ultrasonic flowmeter dapat mengukur kecepatan rata dari aliran fluida dalam pipa dengan cara mengukur rata rata perbedaan waktu antara waktu pengiriman signal dan penerimaan signal dengan arah aliran.

DSC_0497WUF100CF

Clamp on ultrasonic flowmeter ini cara instalasi dan cara kerjanya hampir sama dengan portable ultrasonic flow meter. Yang membedakan adalah flow meter ini menggunkan power yang fix dan flow meter ini biasanya digunakan untuk operasional yang lama dan digunakan untuk membaca dan dapt juga menyimpan hasil pembacaan flow dalam pipa.

Sebagaimana umumnya flow meter clamp on ultrasonic mempunyai output analag 4-20 mA, alarm, relay, pulse maupun communication RS232 atau RS485. Sedangkan untuk jenis flow transmitter atau ultrasonic flow computer ada yang berjenis wall mount, pannel mount maupun pipe mount. Sedangkan untuk power suplai juga ada yang menggunakan AC 220 VAc maupun 24 Vdc

Info lebih lanjut product clamp on ultrasonic flowmeter silahkan click

2. Ultrasonic In Line Flowmeter

Ultrasonic Flow meter yang banyak beredar digunakan di dunia industri selama ini lebih banyak menggunakan jenis flowmeter yang cara installasinya menggunakan sistem clamp on yaitu instalasi yang tidak perlu memotong pipa maupun melubangi pipa. Karena itu anggapan sebagaian besar para enginner jika di sodorkan ultrasonic flow meter selalu di indentikan clamp on flow meter. Padahal ultrasonic flow meter ini merupakan satu satunya flow meter yang mempunyai karakteristik dalam melakukan installai tidak perlu dilakukan dengan mengehentikan aliran dalam pipa terlalu lama dan diidentikan tanpa harus menutup valve atau mematikan pompa.

Padahal Ultrasonic flow meter ada juga yang menggunakan sitem installasinya harus mematikan pompa atau menutup valve dan melakukan peotongan pipa. Jenis ultrasonic flow meter yang instalasinya harus melakukan pemotongan pipaa dan di lanjutkan dengan memasang flange atau membuat ulir dinamakan dengan istilah InLine ultrasonic flow meter seperti pada gambar dibawah ini.

d64c3-sl1438b-4  20170607_162227

 Info lebih lanjut product In line ultrasonic flowmeter silahkan click

3.  Ultrasonic Portable Flow Meter

Flow meter portable mulai terkenal saat dikenalkanya flow meter jenis ultrasonic dimana cara penggunaan dan instalasinya cukup mudah dan cepat serta  dapat dibawah kemana mana.

Portable flowmeter ini menggunakan jenis clamp on flow meter dimana sensor atau sering di sebut dengan transducer ultrasonic cukup di clamp pada permukaan luar pipa, Karena prosesn insatlasi tanpa memotong pipa atau melubangi pipa maka biaya instalasi dari flow meter clamp on sangat murah dan cepat.

Untuk jenis flow meter portable biasanya di lengkapi dengan data logger vaik itu secara internal maupun external dan untuk power karena sifatnya portable biasanya menggunakan battery yang bisa di charge dan umumnya battery mampu bekerja pada waktu cukup lama diatas 5 jam.

Info lebih lanjut product portable flow meter silahkan click

 

.

 

Ada yang ingin ditanyakan silahkan :

1. Jika ada Pertanyaan tentang Product ataupun harga silahkan langsung hubungi :

 .

2.  Jika ada pertanyaan atau diskusi Tentang tulisan ini silahkan email ke admin@rudywinoto.com

.

Atau silahkan isi kolom dibawah ini dan klik submit  

.  

 
About Rudy Wiratama (959 Articles)
rudywinoto.com/wmablog.com/flowmasonic.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: