Flow meter demin water

Jenis Flow meter yang digunakan untuk air demin

Definisi flow meter air demin

Flow meter demin water adalah flowmeter yang digunakan untuk mengukur aliran air yang telah melalui proses penghilangan kandungan mineral mineral. Dengan hilangnya kandungan mineral ini maka konduktivitas air diharapkan mencapai atau mendekati nol.  Artinya anion dan kation yang terkadnung dalam air berupa mineral kalsium, magnesium atau lainya hilang.

Karena Air demin memiliki konduktivitas sangat kecil dan mendekati nol maka harus ditreatment tersendiri proses penggunanya. Semua peralatan yang dilewati air demin jangan menggunakan material yang mengandung ferro, karena mudah teroksidasi yang bisa mengkontaminasi air demin. Air demin mempunyai sifat korosif karena itu gunakan material seperti stainless steel, pvc, hdpe, teflon atau yang tidak mudah teroksidasi.

Water Flow meter untuk air demin diusahakan terbuat dari material non metal atau untuk proses minuman menggunakan material food grade. Jenis material yang digunakan sebaiknya SUS316L atau Teflon atau lainya yang punya kelas food grade.

Karena air demin mempunyai konduktivitas yang sangat kecil bahkan mendekati  nol micro siemens, sebaiknya jangan menggunakan flow meter magnetic. Penggunaan flow meter magnetic akan berakibat tidak terbacanya aliran karena persyaratan konduktifitas tidak terpenuhi.

Jenis Flow meter untuk air demin

Gunakanlah jenis flow meter paddle wheel yang mempunyai bahan material sensor body pvc, sus316 atau polypropylene. Begitu juga komponen didalam flowmeter, harus menggunakan material  non metal seperti teflon, polyethelene dengan shaft stainless steel atau  carbide.

Selain diatas, sangat cocok jika menggunakan flow meter air demin dari jenis  clamp on ultrasonic flow meter. Jenis flowmeter ini cocok, karena tidak ada komponen dari flow sensor yang contact langsung dengan air demin. Cara instalasinya dengan menempelkan dan mengclamp sensor ultrasonic atau transducer  flow meter pada permukaan luar pipa.

Karena tidak ada bagian yang contact langsung dengan cairan, maka flow meter ini aman terhadap sifat korosif dan pressure tinggi. Flow meter jenis clamp on ultrasonic bisa diaplikasikan pada semua jenis material dan ukuran diameter pipa dari  DN15 – DN6000.

Untuk tingkat akiurasi,  flow meter ultrasonic berada pada kisaran 1% – 1,5%, jadi cukup akurat untuk mengukur aliran air demin. Flow meter ultrasonic mempunyai 4 jenis  instalasi dan fungsi yaitu portable flow meter, in line, clamp on dan insertion. Untuk Jenis  material sensor atau ultrasonic transducer yang biasanya diguanakan adalah  non metal dan stainless steel.

Flow meter ultrasonic

Flowmeter ultrasonic adalah jenis flow meter yang  kerjanya menggunakan ultra sound melalui transducer dengan sistem instalasi clamp on, in line dan insertiion.  Flow meter ultrasonic yang banyak dikenal adalah jenis portable  karena mudah pengoprasianya,  dapat dibawah kemana mana, ringan dan compact.

Jenis flow meter ultrasonic ada 3 yaitu inline ultrasonic flow meter, portable flow meter, clamp on flow meter dan open channel flow meter Yang paling banyak dikeanl penggunanya adalah jenis clamp on dan portable.

Keuntungan dari penggunaan arus meter ultrasonic flow meter jenis instalasi clamp on adalah cara instalasinya tanpa memotong pipa. Dan karena tidak ada bagian sensor yg bergerak maka menghindari pressure drop dari aliran.

Flow meter ultrasonic jenis clamp on dapat di pasang pada berbagai jenis material pipa dan berbagai ukuran diameter pipa. Diameter pipa yang bisa dipasang mulai dari DN 15 hingga DN600. Water meter jenis ultrasonic ini mempunyai akurasi 1% untuk yang single channel dan 0,5% untuk yang multi channel.

Advertisements