Fungsi dan cara Kerja Flow Switch

Difinisi Flow switch

Flow switch yang didifiniskan sebagai sensor aliran adalah sensor flow atau aliran  yang mendeteksi ada tidaknya flow atau aliran pada suatu sistem aliran tertutup maupun terbuka.  Biasanya Flow switch akan bekerja menutup atau membuka jika ada suatu aliran atau aliran berhenti tergantung pada output contact yang diinginkan NC atau NO.

Karena fungsi flow switch dianggap sebagai control aliran banyak juga yang menggunakan istilah flow control  atau sensor control aliran. Dan kenyataanya flow switch merupakan jenis sensor flow, sehingga banyak yang menganggap flow switch sama dengan flow sensor yang merupakan bagian sensor flow meter.

Fungsi flow switch

Flow switch ini banyak digunakan untuk melindungi sistem proses yang tidak sesuai dengan yang direncanakan, sehubungan dengan adanya aliran suatu fluida, seperti :

  • Menjaga Kwalitas Produksi dari proses yang terganggu karena kualitas aliran fluida
  • Menjaga Kerusakan Pemicu aliran seperti pompa dari over heaing karena flow rate atau flow velocity tidak sesuai yang disyaratkan
  • Menjaga Mesin dari kerusakan karena over heating akibat system aliran pendingin tidak sesuai dengan yang disyaratkan
  • dan lainya

Jenis Flow Switch Berdasar Cara Kerja

Untuk flow switch yang menggunakan sensor seperti sensor ultrasonic, electromagnetic atau lainnya maka flow sensor tersebut akan berfungsi sebagai switch. Namun untuk sistem mechanical yang biasanya menggunakan paddle yang akan bergerak ketika ada flow atau sebaliknya. Jenis Flow switch  ini layaknya switch umum akan memberikan contact saat ada aliran atau memutus contact saat tidak ada alira.

Kelemahan jenis flow switch mechanical biasanya agak kurang berfungsi dengan baik saat aliran tidak bergerak tapi pressure didalam aliran masih positi. Ini beda dengan flow switch yang menggunakan sensor electrik seperti jenis ultrasonic atau sensor magnetic.

Kelemahan lainya flow switch mechanical adlah besar dan kecilna flow rate tidak bisa di seting dengan pasti, ini beda dengan flow switch yang menggunakan sensor electrik, besarnya flow felocity biasanya bisa di setting dengan memasukan maksimal dan minmal flow rate.

Aplikasi Flow Switch Pada Mesin dan Proses

Flow switch ini banyak digunakan untuk melindungi:

  1. Mesin pompa dari over heating motor dan kerusakan seal pompa pompa karena cairan yang dipompa kosong
  2. Compressore baik compressor chiler maupun compressor udara untuk memantau aliran oli pelumas compressor
  3. Sistem Pendinginan Pada Proses Condensor pada Sistem Chiller yang berhubungan dengan cooling tower
  4. Over heating pada komponen bearing karena sistem cooling ynag terganggu seperti pada pembangkit turbine, Mesin CNC
  5. Over hetaing oli hydraulic pada mesin hydraulic press.
  6. Overheating pada mesin injection molding atau sejenis

Namun Pada Proses Tertentu yang tujuannya memantu Flow rate atau total volume aliran fungsi flow switch udah terdapat pada flow tarsnmitter hususnya saat menggunakan flow meter digital

 

 

Advertisements

Be the first to comment