Jenis satuan flow rate pada alat ukur debit air

Difinisi alat ukur debit air

Alat ukur debit air adalah alat ukur untuk mengetahui debit air pada saluran tertutup seperti pipa atau saluran terbuka seperti parit, kanal atau sungai. Istilah dari alat ukur debit air ini bisa diterjemahkan dengan meteran air atau banyak yang menyebut dengan istilah flow meter.

Meteran air ini banyak di gunakan di rumah rumah atau apartemen, untuk menghitung volume air yang digunakan sebagai acuan pdam untuk menagih besarnya biaya yang harus di bayar.

Untukk sekala industri Alat ukur debit air yang sering disebut dengan water flow meter digunakan untuk mengetahui kecepatan aliran air, debit air dan volume air yang di gunakan. Satuan dari flow meter ini bisa mengacu pada brithish standart maupun standart internasional, 

Fungsi Alat Ukur Debit air

Di dunia industri seperti industri automotiv, industri makanan dan minuman, industri kimia, industri pengolhan limbaa, Fungsi flowmeter  dapat digunakan untuk :

  • Menenetukan kecepatan aliran suatu fluida dalam sistem tertutup atau jaringan pipa
  • Menghitung flow rate atau debit air dalam pipa maupun aliran terbuka seperti parit atau sungai
  • Dapat mengecek performa suatu mesin atau pompa seperti pada sitem pendingin, cooling tower atau lainnya
  • Dapat untuk mengukur dan mengetahui suatu volume atau massa suatu fluida yang melewati flow meter
  • Flow meter juga berfungsi sebagai control pada suatu proses ketika output dihubungkan ke plc

Cara Kerja Alat Ukur Debit air

Cara kerja alat ukur debit air bermacam macam tergantung pada jenis teknology yang digunannya. Pemilihan jenis water flow sensor tergantung pada tujuan dan manfaat yang ingin di dapatkan sehubungan dengan aplikasi dilapangan. Karena fungsinya sebagai alat ukur debit maka flow meter mempunyai satuan units yang berbeda berupa satuan flow rate, satuan velocity serta satuan volume totalizer atau mass totalizer.

Type alat ukur debit air yang banyak di gunakan oleh pdam untuk pelanggan menggunakan mechanical register sebagai alat ukurnya yang terhubung dengan sensor turbine dari jenis woltman meter. Cara kerja flowmeter ini adalah ketika air bertekanan mengalir dalam flow meter maka turbine atau paddle akan berputar. Putaran ini diteruskan ke mekanikal register sehingga didapatkan  jumlah volume air yang mengalir dalam alat ukur debit air.

Seperti yang diketahui type alat ukur debit air ini ada beberapa sesuai dengan cara kerjanya seperti wolt man flow meter, magnetic flow meter, ultrasonic flow meter, analog water meter, single jet water meter dan mekanikal flowmeter.

                                               Baca Juga :

Jenis Alat Ukur Debit air

Jenis alat Ukur Debit air yang paling banyak di gunakan baik di industri pengolahan air maupun di industri sesuai dengan cara kerja alatnya dapat di kelompokan sebagai berikut :

Woltman flow meter

Woltman water meter mengukur kecepatan air yang mengalir dengan bantuan turbin atau paddle sehingga sering dikenal dengan turbine flow meter. Volume aliran yang masuk dihitung secara mekanis, melalui area penampang yang diketahui dan ditunjukkan dengan penghitung rol dalam meter kubik. Bentuk unik dari paddle wheel  memungkinkan water meter Woltman untuk mencakup rentang pengukuran yang sangat besar dengan pressure reduce kecil.

Advertisements

Be the first to comment