Flow meter Ultrasonic yang Digunakan pada Proses di pltu

Alat instrument flow meter banyak digunakan padai pembangkit listrik tenaga uap.Uap untuk PLTU biasanya digunakan untuk menggerakkan turbine agar menghasilkan energi listrik. Uap sendiri dihasilkan dari Alam yang berupa panas bumi atau oleh hasil pembakaran pada boiler.

Untuk PLTU yang menggunakan boiler dengan bahan bakar batubara umumnya dibangun dipinggir pantai. PLTU seperti ini biasanya menggunakan air asin yang diproses menjadi air tawar atau air demin yang dimasak guna menghasilkan uap pada boiler.

Jenis flow meter yang sering digunakan pada proses pltu ini, berupa flow meter untuk liquid air laut, air demin dan ciran chemical.Untuk proses liquid air laut sebaiknya menggunakan flow meter yang tidak contact dengan liquid dan untuk transmitter atau komponen lainya sebaiknya menggunakan material yang tahan terhadap uap garam.

Flow meter yang sensornya tidak kontak langsung dengan liquid, sebaiknya digunakan padak jalur aliran pipa utama. Tujuan dari jenis flow meter clamp on ini agar saat terjadi masalah dengan flow meter baik saat instalasi atau maintenance tidak perlu menyetop atau mematikan proses. Karakter jenis flow meter clamp on, cara instalasinya cukup menempelkan sensordipermukaan luar pipa sehingga  tidak perlu memotong maupun melubangi pipa.

Untuk mengetahui tentang flow meter ini silahkan klik Flow meter Clamp On Ultrasonic

 

Untuk jenis flow meter yang memotong atau melubangi pipa bisa digunakan jenis magnetic flow meter. Namun demikian magnetic flow meter cocok digunakan untuk air laut dan tidak cocok digunakan untuk air demin. Flow meter electromagnetic hanya bisa berfungsi atau bekerja pada cairan yang memiliki konduktifitas diatas 20 microsiemens sebagaimana syarat dari hukum faraday.

 

Untuk jenis product flow meter dapat di lihat disini

Advertisements

Related posts