Oil Filter dan Jenisnya

Filter untuk oli (Oil Filter) adalah filter yang dirancang untuk menghilangkan kontaminasi di oli engine, oli transmisi, oli pelumas, atau oli hidrolik. Filter oli digunakan di berbagai jenis mesin hidrolik. Penggunaan utama filter oli adalah pada mesin pembakaran internal pada kendaraan bermotor on-dan off-road, pesawat ringan, dan berbagai kapal angkatan laut. Sistem hidraulik kendaraan lain, seperti yang ada dalam transmisi otomatis dan power steering, sering dilengkapi dengan filter oli. Mesin turbin gas, seperti yang ada di pesawat jet, juga membutuhkan penggunaan filter oli. Selain dari kegunaan ini, produksi minyak, transportasi, dan fasilitas daur ulang juga menggunakan filter dalam proses pembuatan.

 

Jenis Oil Filter

Mechanical Oil Filter

Desain mekanis menggunakan elemen yang terbuat dari bahan curah (seperti limbah kapas) atau kertas saring berlipit untuk menjebak dan menyita kontaminan tersuspensi. Saat material menumpuk di atas (atau di dalam) media filtrasi, aliran oli semakin dibatasi. Ini membutuhkan penggantian elemen filter secara berkala (atau seluruh filter, jika elemen tersebut tidak dapat diganti secara terpisah).

Cartridge and spin-on

Filter oli engine awal terbuat dari konstruksi cartridge (atau elemen yang dapat diganti), di mana housing permanen berisi elemen filter atau cartridge yang dapat diganti. Rumah dipasang baik secara langsung pada mesin atau jarak jauh dengan pasokan dan mengembalikan pipa yang menghubungkannya ke mesin. Pada pertengahan 1950-an, desain filter oli spin-on diperkenalkan: perakitan mandiri dan elemen yang harus dibuka dari dudukannya, dibuang, dan diganti dengan yang baru. Perubahan filter ini menjadikannya lebih nyaman dan berpotensi tidak berantakan, dan dengan cepat menjadi jenis filter oli dominan yang dipasang oleh pembuat mobil dunia. Kit konversi ditawarkan untuk kendaraan yang awalnya dilengkapi dengan filter jenis kartrid. Pada 1990-an, para pembuat mobil Eropa dan Asia khususnya mulai bergeser mendukung konstruksi cartridge bongkar pasang, karena menghasilkan lebih sedikit limbah dengan setiap perubahan filter. Pembuat mobil Amerika juga mulai beralih ke filter cartridge yang dapat diganti, dan kit retrofit untuk mengkonversi dari filter spin-on ke tipe-cartridge ditawarkan untuk aplikasi populer. Filter oli otomotif yang tersedia secara komersial bervariasi dalam desain, bahan, dan detail konstruksi. Yang terbuat dari bahan yang sepenuhnya sintetis kecuali silinder saluran logam yang terkandung di dalamnya jauh lebih unggul dan lebih tahan lama daripada jenis karton / selulosa / kertas tradisional yang masih mendominasi. Variabel-variabel ini mempengaruhi kemanjuran, daya tahan, dan biaya filter.

Magnetic Oil Filter

Filter magnetik menggunakan magnet permanen atau elektromagnet untuk menangkap partikel feromagnetik. Keuntungan dari penyaringan magnet adalah mempertahankan filter hanya membutuhkan pembersihan partikel dari permukaan magnet. Transmisi otomatis dalam kendaraan sering kali memiliki magnet di panci cairan untuk menyerap partikel magnetik dan memperpanjang umur filter cairan tipe media. Beberapa perusahaan membuat magnet yang menempel pada bagian luar filter oli atau colokan tiriskan magnet – pertama kali ditemukan dan ditawarkan untuk mobil dan motor pada pertengahan 1930-an untuk membantu dalam menangkap partikel logam ini, meskipun masih ada memperdebatkan efektivitas perangkat tersebut.

Sedimentation Oil Filter

Filter sedimentasi atau lapisan gravitasi memungkinkan kontaminan yang lebih berat daripada minyak mengendap didasar wadah di bawah pengaruh gravitasi.

Centrifugal Oil Filter

Pembersih oli sentrifugal adalah alat sedimentasi putar yang menggunakan gaya sentrifugal alih-alih gravitasi untuk memisahkan kontaminan dari oli, dengan cara yang sama seperti centrifuge lainnya. Oli bertekanan memasuki pusat selubung dan melewati rotor drum yang bebas berputar pada bantalan dan segel. Rotor memiliki dua nozel jet yang diatur untuk mengarahkan aliran oli di rumah bagian dalam untuk memutar drum. Minyak kemudian meluncur ke bagian bawah dinding perumahan, meninggalkan kontaminan minyak partikulat menempel ke dinding perumahan. Rumah harus dibersihkan secara berkala, atau partikel akan menumpuk hingga ketebalan seperti untuk menghentikan drum berputar. Dalam kondisi ini, minyak tanpa filter akan diresirkulasi.

High Efficiency (HE) Oil Filter

Filter oli efisiensi tinggi adalah jenis bypass filter yang diklaim memungkinkan interval drain oli yang diperpanjang.Filter oli HE biasanya memiliki ukuran pori 3 mikrometer, yang penelitian telah menunjukkan mengurangi keausan mesin.Beberapa produk telah mampu meningkatkan interval pengeringan hingga 5-10 kali.

Buat Penawaran

Advertisements

Be the first to comment