Cara Membuat Ice Cream

Cara membuat Ice Cream

Proses Pembuatan Ice Cream

Proses Pembuatan Ice Cream

Cara Kerja Mesin Ice cream

Bagi para penggemar ice cream atau es krim maupun frozen yogurt  tentunya ingin mengetahui bagaimana proses pembuatan ice cream dan juga cara kerja mesin ice cream dan komponen atau hal-hal yang berhubungan dengan ice cream atau frozen yoghurt mulai dari mesin pembuat ice cream, bahan ice cream dan aksesoris lainnya seperti topping ice cream, cone ice cream atau wafel ice cream serta cita rasa ice cream.

KOMPOSISI ES KRIM

Terdapat  lima komponen penyusun es krim: Krim, Skim, Air, Gula dan Stabilizer. Kadar air dalam es krim antara 60%-62%, jika air terlalu banyak maka es krim menjadi kasar, jika air terlalu sedikit maka es krim akan menjadi terlalu padat. Untuk bisa creamy, 60%-62% itu sudah ukuran yangsesuai dan tepat karena telah mengalami pengujian dan penelitihan oleh para ahlinya dalam literature ice cream. Sehingga bisa di anggap kopmosisi bahan non cair atau kadar bahan kering adalah 38%-40%.

MANFAAT KRIM

Seperti diketauhi bahwa Krim adalah bagian yang paling banyak mengandung lemak pada susu.. Bagaimana cara mengetahui tetang krim bisa dilakukan dengan memanaskan susu sapi sampai suhu pasteurisasi sekitar 80 derajad celcius. Selanjutnya dinginkan agak lama sampai muncul selaput yang makin lama makin tebal. Selaput inilah yang dinamakan krim, memang cuma sedikit karena kadar krim dalam susu sapi hanya 3.5%. Fungsi dari krim ini adalah memberikan aroma susu dan mencegah pembentukan kristal yang terlalu besar. Pada dasarnya krim adalah lemak, namun demikian krim ini bisa didapat dari bahan selain susu yaitu santan kelapa atau telur.

Namun demikian dengan menggunakan krim dari bahan lain akan timbup persoalan yaitu akan berkurangnya/hilangnya aroma susu diganti menjadi aroma santan atau aroma telur. Bagi yang ingib berkreasi bisa juga dilakukan experiment dengan mencapur ketiga lemak tersebut yaitu dari susu, santan dan telur dan bagaimana komposisinya tersera selera kita.

Tapi tidak semua lemak bisa kita pakai untuk es krim, mentega atau korvet akan membuat es krim tidak bisa bagus, lemak dari susu kedelai bisa juga digunakan namun aroma es krim menjadi sedikit aneh. Jadi yang direkomendasikan adalah lemak susu, lemak telur dan lemak santan. Karena itu sebaiknya gunakan lemak susu meskipun sedikit, agar apa yang di buat nanti bisa dinamakan es krim. dan perlu di ketahui Kadar lemak dalam es krim berkisar 8%-16%.

MANFAAT SKIM

Ketika  susu sapi yang dipanaskan diambil krimnya, maka yang tersisa adalah air dan bahan padatan lain yang terdiri dari protein, karbohidrat dan mineral. Jika kadar air tersebut dihabiskan, maka yang tersisa itulah yang dinamakan skim. Yaitu bahan padatan susu sapi tanpa lemak. Fungsi skim pada es krim adalah sebagai komponen utama es krim dalam membentuk tekstur ice creamr. Membuat es krim tanpa skim hasilnya ya seperti kocokan whipcream itu, memang lembut, tapi ringan. Sama dengan krim,

Pada hakekatnya skim ini adalah bahan padatan yang terdiri dari protein, karbohidrat dan mineral, jadi bisa diambilkan dari telur atau santan. Kadar skim dalam es krim adalah sama dengan krim berkisar atara 8% sampai 16%.

Manfaat Gula Dalam Ice Cream

Selain sebagi pemberi rasa manis pada ice cream Gula juga berfungsi juga untuk menurunkan titik beku adonan, sehingga adonan tidak terlalu cepat membeku saat diproses. Ini penting agar udara yang masuk kedalam adonan bisa lebih banyak sehingga tekstur menjadi lebih lembut.

Kadar gula dalam es krim adalah 10% hingga 15% sesuai dengan selera. Selain itu dari beberapa para ahli mengatakan Manfaat gula dalam proses pembuatan es krim adalah berfungsi sebagai stabilizer guna membantu mengikat kandungan air agar mampu terikat dengan kandungan lemak yang terdapat pada bahan lainnya yang dimaksud gula disini adalah Gula pasir yang banyak didapat di pasar dan bukan Na Siklamat, Sakarin atau Aspartham.

Fungsi Stabilizer

Pada Proses pembekuan pada pembuatan ice cream harus benar-benar sneyawa atau terikat dengan baik komponen air dan lemaknya dan jika tidak maka saat Adonan es krim dibekukan  maka molekul lemak dan molekul air yang sebelumnya sudah tercampur rata akan memisah pelan-pelan. hal ini dikarena terjadinya perbedaan titik beku air denagn titik beku lemak.

 

Ada yang ingin ditanyakan silahkan :

1. Jika ada Pertanyaan tentang Product ataupun harga silahkan langsung hubungi :

 .

2.  Jika ada pertanyaan atau diskusi Tentang tulisan ini silahkan email ke admin@rudywinoto.com

.

Atau silahkan isi kolom dibawah ini dan klik submit  

.  

 
About Rudy Wiratama (959 Articles)
rudywinoto.com/wmablog.com/flowmasonic.com

4 Comments on Cara Membuat Ice Cream

  1. Paryono // 22/05/2012 at 04:51 // Reply

    Pak tolong berikan resep pembuatan es krim dengan menggunakan susu full cream, lengkap dgn perhitungan kom[posisi bahan-bahanya. terimakasih

  2. Terimakasih pak sangat membantu

  3. Terimakasih sudah berbagi info

Leave a Reply

%d bloggers like this: