Menentukan type flowmeter magnetic

Memilih dan menentukan type flowmeter magnetic

Flow meter magnetic merupakan flow meter air yang mampu beroperasi pada jenis caira yang mempunyai konduktivitas tertentu seperti air bersih, air minum, air limbah, air sungai, air lumpur, kecap, susu, cairan kimia dan lainnya. Karena banyaknya jenis cairan yang mempunyai konduktifitas maka perlu kiranya kita mengetahui dalam menentukan type flowmeter magnetic.

Flow meter magnetic terbagi dari dua bagian yaitu magnetic flow sensor dan magnetic flow transmitter atau sering di sebut converter. Untuk magnetic flow sensor terdapat beberapa bagian yang sangat penting yaitu :

  • Flow tube sensor
  • Electrode sensor
  • Linner
  • Flange and coil cover

Dari segi cara instalasi flow meter magnetic mempunyai dua jenis yaitu :

Inline Magnetic flow meter

Inline magnetic flow meter adalah flow meter magnetic yang cara instalasinya dengan melakukan pemotongan pipa dengan koneksi bisa berupa flange, wafer, ulir/drat maupun di welding secara langsung. In line magnetic flow meter sangat cocok untuk mereka yang menginginkan akurasi lumayan baik dan biasanya akurasi berada pada kisaran  0.5 %. Karena langsung terkoneksi dengan pipa yang dipasang flange atau drat lebih aman terhadap tangan tangan jahil.

In line Magnetic flow meter umumnya mempunyai feature sebagai berikut :

  • Akurasi cukup baik yaitu 0,5% atau lebih baik
  • Tersedia berbagai jenis power supply seperti power supply 220 VAc, 24 Vdc ataupun batteray yang bisa bertahan hingga 2 tahun atau lebih.
  • Tersedia untuk semua jenis material liner, semua jenis material electrode, dan semua jenis material flange atau flow tube.
  • Untuk jenis linner tertentu magnetic flow meter jenis inline ini bisa beroperasi pada temperature hingga 180 derajad celsius.
  • Flow meter magnetic cukup aman untuk cairan slurry hingga cairan yang banyak mengandung solid seperti pasir ataupun sampah
  • Inline magnetic flow meter mempunyai up stream dan down stream lumayan kecil dibanding dengan insertion magnetic flowmeter

Insertion magnetic flow meter

Insertion Magnetic flow meter merupakan jenis flow meter magnetic yang instalasinya dengan cara melubangi pipa dan kemudian di pasang saddle fitting atau di pasnag fitting yang di lasa pada pipa yang telah dilubangi tersebut. Jenis Insertion magnetic flow meter ini biasanya digunakan untuk ukuran pipa yang besar diatas 10 inchi. Kekurangan dan kelebihan dari insrtion magneic flow meter adalah

  • Harganya lebih murah dibanding dengan jenis inline pada aplikasi pipa berukuran besar terutama pipa dengan diameter diatas 10″.
  • Waktu instalasi lebih murah dan lebih cepat karena hanya melubangi dan memasang fitting baik saddle fitting maupun welded fitting.
  • Biaya maintenance lebih murah dan break down sistem lebih pendek khususnya jika installasi dipasang ball valve.  karena hanya membuka valve dan mencabut insertion magnetic sensor kemudian, valve bisa di tutup kembali hanya butuh waktu paling lama 5 menit
  • Akurasi tidak seakurat In line magnetic flow meter yaitu pada kisaran 1% – 2%
  • Untuk Pemasangan di daerah rawan terhadap tangan jahil perlu di beria alat pelindung agar supa sensor magnetic flow meter tidak mudah di curi.
  • Biasanya hanya tersedia pada electrode yang standart yaitu SUS316L
  • Biasanya hanya tersedia pada pada temperature cairan yang terbatas
  • Tidak cukup aman di gunakan untuk cairan yang banyak mengandung cairan atau solid material terlalu berlebihan karena insertion bisa cepat rusak atau terabrasi.

Dari segi bahan material cover dan material sensor magnetic flow meter dapat dibuat dari berbagai material  yaitu :

Carbon steel magnetic flow meter

Jenis material carbon steel merupakan flow meter magnetic yang paling banyak dipakai di dunia industri karena harganya yang cukup standart.  Flow meter material carbon steel tersedia type flow sensor berupa insertioan maupun inline. Untuk jenis installasi inline magnetic flow meter  paling umum adalah menggunakan koneksi flange dengan class pressure berbagai tingkatan dari kelas 6 bars hingga 150 bars . Jenis flangenya juga tersedia dari ANSI, JIS hingga PN. Untuk tampilan jenis material carbon steel bisa dicat dengan segala jenis warna untuk mempercatik tampilanya baik dengan cat anti corosive atau jenis cat lainnya.

Brass magnetic flow meter

Material brass pada magnetic flow meter biasanya yang tersedia di pasaran pada jenis Insertion magnetic flow sensor

Stainless steel magnetic flow meter

Stainless steel magnetic flow meter biasanya banyak di aplikasikan untuk proses makanan, minuman, cairan kimia atau kondisi lingkungan yang korosif seperti air laut atau lainya. Untuk koneksinya flow meter magnetic stainless steel ini bisa berupa flange, drat, wafer serta triclamp ( sanitary clamp). Dikarenakan yang contact langsung dengan liquid adalah liner dan electrode sebaiknya menggunakan material SUS 304 untuk flange dan cover guna mengurangi biaya investasi.

PVC magnetic flow meter atau non metal magnetic flow meter

Magnetic flow meter dari segi model flow sensor dan display terbagi dua yaitu

Compact Magnetic Flow meter

Untuk model compat yaitu magnetic flow sensor dan magnetic flow transmitter atau converter menjadi. Dan biasanya jenis ini dipasang pada pipa yang posisinya tidak terlalu tinggi dari lantai karena kita bisa melihat secara langsung pembacaan di diplay. Begitu juga jika pipa ditaruh terlalu rendah bahkan dibawah permukaan tanah seperti di bak control atau di parit yang berakibat terendam air saat hujan atau banjir type ini tidak di rekomendasi. Namun ada juga manufacture yang memproduksi jenis compact dengan class IP68 hanya sja harganya cukup mahal. Oleh karena itu type ini sebaiknya dipasang pada posisi pipa dengan ketinggian dari lantai antara 0,5 meter hingga 2 meter. Usahakan untuk jenis compact dipasang di indoor atau tempat yang terlindungi dari cuaca hujan atau panas matahari.

Remote Magnetic Flow Meter

Untuk magnetic flow meter model remote cukup cocok dipasang dalam segala kondisi baik itu in door , out door, di bawah permukaan tanah seperti di parit, bak control hingga pada posisi pipa yang mempunyai ketinggian yang ekstrim. Untuk Jenis ini lebih mahal sedikit karena manufacture perlu menyediakan cable sensor ke converter serta panel sensor dan alat tambahan bagi yang membutuhkan class sensor pada IP 68 atau water proof.

Cara kerja dan sebagainya tidak ada perbedaan dengan jenis compact hanya saja mungkin kita membutuhkan box panel yang di sesuaikan dengan kondisi lapangan untuk melindungi converter dari cuaca.

 

Untuk mengetahui merek, model serta type magnetic flow meter bisa di klick di : Product Magnetic Flow meter

 

 

 

Ada yang ingin ditanyakan silahkan :

1. Jika ada Pertanyaan tentang Product ataupun harga silahkan langsung hubungi :

 .

2.  Jika ada pertanyaan atau diskusi Tentang tulisan ini silahkan email ke admin@rudywinoto.com

.

Atau silahkan isi kolom dibawah ini dan klik submit  

.  

 
About Rudy Wiratama (957 Articles)
rudywinoto.com/wmablog.com/flowmasonic.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: