Advertisements

Kalibrasi Flow Meter

Prosedur , Cara kaliberasi flow meter dan resetting flow meter

Pemahaman Kalibrasi

Istilah KALIBERASI seharusnya tidak asing bagi mereka yang sering bersinggunan dengan peralatan instrumen. Instrumen adalah peralatan yang digunakan untuk mengukur sesuatu ukuran dari suatu benda yang ingin kita ketahui ukuranya. Alat ukur ini biasa kita pakai untuk mengetahui suhu, luas, berat daya, arus, kecepatan, panjang debit air dan lainnya. 

Kalibrasi Flow Meter bisa juga di terjemahkan sebagai tindakan untuk menjaga dan memastikan kwalitas hasil dari alat ukur flow meter.  Ketika didapatnnya hasil pembacaan flow meter yang benar dan pasti walaupun ada angka penyimpangan membuat kita ada kepastian. 

Dengan terkaliberasinya flow meter berarti bisa memberikan informasi performa suatu proses yang berhubungan dengan aliran fluida. Dikarenakan pemakain alat ukur flow meter secara terus menerus dalam waktu lama bisa menyebabkan penyimpangan hasil pengukuran aliran fluida. Pembacaan hasil alat ukur yang meragukan membuat kwalitas proses tidak tidak pasti yang berakibat penurunan kwalitas atau kwantitas produk.

DSC_0268  DSC_0263

Kaliberasi Flow Meter

Sebelum melakukan Kalibrasi flow meter ataupun alat instrumen lain, diperlukan langkah atau tindakan pengecekan fisik. Selanjutnya dilakukan pengetesan dan kalo perlu setting bahkan mungkin repair terhadap alat ukur. Agar alat ukur itu dalam peroses penunjukannya sesuai dengan yang sebenarnya.

Cara yang dilakukan adalah dengan membandingkan terhadap alat ukur yang standart sesuai dengan standart nasional maupun internasional yang tersertifikasi. Jadi tujuan dari kalibrasi flow meter atau alat instrumentasi sendiri adalah untuk verifikasi dari suatu instrument, dalam menentukan nilai penyimpangan. 

Dengan ditentukannya nilai penyimpangan dapat memberikan jaminan akan hasil pengukuran dari alat ukur sesuai dengan yang disyaratkan. Jadi tujuan kaliberasi adalah untk mengetahui kwalitas hasil pengukuran, penyimpangan dan sebagainya guna memutuskan kelayakan dari alat ukur tersebut.

Guna mendapatkan nilai kepastian baik itu flow meter baru maupun yang sudah lama terpakai sebaiknya dilakukan kaliberasi. Ketika kita beli flow meter yang baru, biasyany pihak manufacture melampirkan hasil kaliberasi prroduk tersebut sesuai dengans erial numbernya. 

Untuk flow meter yang sudah dipakai biasanya dilakukan kaliberasi saat pengguna flow meter merasa curiga terhadap hasil pembacaan. 

Tindakan kaliberasi juga dibutuhkan ketika kita berhubungan dengan pihak ketiga untuk menjaga kepercayaan jika berhubungan dengan transaksi. Yang perlu dan wajib dilakukan kaliberasi ada lagi yaitu saat selesai service karena perawatan rutine atau karena kerusakan  

Parameter dan setting hasil Kaliberasi

Hasil dari Kalibrasi antara lain :

  • Nilai Obyek Ukur
  • Besarnya Nilai Koreksi/Penyimpangan
  • Angka Ketidakpastian Pengukuran(Besarnya kesalahan yang mungkin terjadi dalam pengukuran, dievaluasi setelah ada hasil pekerjaan yang diukur & analisis ketidakpastian yang benar dengan memperhitungkan semua sumber ketidakpastian yang ada di dalam metode perbandingan yang digunakan serta besarnya kesalahan yang mungkin terjadi dalam pengukuran)
  • Sifat metrologi lain seperti faktor kalibrasi, kurva kalibrasi.
  • Hasil kalibrasi harus disertai pernyataan “traceable uncertainity” untuk menentukan tingkat kepercayaan yang di evaluasi dengan seksama dengan analisis ketidakpastian.

Untuk kaliberasi biasanya menggunakan kalibrator,  dimana nilai dari pengukuran flow meter bisa disetting berdasarkan hasil pengukuran dari klaibrator. Jenis kalibrasi flow meter ada dua yaitu dry calibration dan jenis wet calibration kalibrasi basah. Yang paling direkomendasi adalah jenis wet calibration, karena akurasi dari jenis ini mendekati nilai yang sebenarnya.

Kalibrator yang digunakan untuk proses wet caliberation biasanya ada dua yaitu flow calibrator dan weight scale calibrator. Untuk 2 jenis calibrator ini juga dilakukan pengacekan secara berkala agar kwalitas alat tersebut sebagai calibrator terjaga kepresisianya. Penggunaan Flow caliberator atau master calibrator harus mempunyai tingkat akurasi lebih baik dibanding dengan flow meter yang akan dikaliberasi.

Service dan setting ulang flow meter

Resetting perlu dilakukan jika saat pengetesan dan konfirmasi terjadi penyimpangan dari terlalu besar dan tidak memenuhi standart yang disyaratkan. Apabila dilakukan restting, tapi penyimpangan atau eror margin tinggi, maka dilakukan service dan jika tidak berubah sebaiknya flow meter diganti.

Mengacu pada badan metrology sendiri untuk segala jenis alat ukur wajib di kalibrasi dengan sekala waktu tertentu. Dan untuk flow meter biasanya mengacu ada sekala waktu 2 tahun sesuai dengan sertifikat kalibrasi yang dikeluarkan oleh metrology indonesia.

Harga atau biaya kaliberasi ditentukan oleh jenis flow meter, size flow meter, kapasitas flow meter dan tingkat akurasi flow meter. Makin besar size flow meter, akan berakibat makin mahal biaya kaliberasi. Begitu juga makin tinggi tuntutan akurasi dari flow meter maka waktu dari kaliberasi akan makin lama. Sehingga membutuhkan waktu dan energy lebih banyak dan ini menyebabkan biaya kaliberasi juga makin mahal.

Ada juga penentu biaya kaliberasi yaitu lokasi dari kaliberasi dilakukan di site atau di workshop pelaku jasa kaliberasi. Hal lain yang menentukan biaya kaliberasi adalah kerumitan seeting dari flow meter. Yang membutuhkan waktu kali berasi lebih lama biasanya kesulitan seting dan besarnya kapasitas. Makin besar size flow meter biasanya makin sulit proses kaliberasi.

Advertisements

Recent Posts: Flow meters Wiratama

Elektrogas Automatic Safety Solenoid Valves

Safety solenoid valves for air and gas from delta elektrogas has many models such as VMM, vmh, vmr, vml, and VMRNA

VMH Elektrogas Safety shut off valves for gas

The VMH type valve is a safety shut off valve for gas with a hydraulic actuator. It is suitable for air or gas blocking and releasing controls, required in the main pipe of gas power burners, atmospheric gas boilers, industrial kilns, and others gas-consuming appliances

Solenoid Valve Shako Pneumatics

SHAKO Pneumatics has dedicated its entire resources to the field of pneumatic products and committed its energies to develop and produce new products

Air Diaphragm Pumps

An Air Diaphragm Pumps is a type of positive displacement pump that uses compressed air as a power source.

Vane Air Motors and Air Gear Motors Tonson

Air Motors are designed to operate by compressed air. For applications, where positive braking is a requirement, a range of caliper brakes is offered.

Air Winches for lifting and pulling in Hazardous Area

An air winch is powered by compressed air instead of electricity. The drive mechanism of the air winch will begin to power the cable drum and effectively raising or lowering the attached load

Perlunya Resetting dan Kalibrasi Flow meter secara berkala

kalibrasi flow meter dimaksudkan untuk mengembalikan performa flow meter guna mendapatkan faktor ketidak pastian pengukuran, yang merupakan akurasi flow meter dengan flow caliberator dan resetting

Dimensi Flange ANSI

Dimensi Flange Ansi#150

VALCOM – PRESSURE SENSOR

Valon pressure sensor products, vpr2, vprv-d, VSW2, VPRT, VDP4, VFM, VPRH, VPMC, Pressure Meter

Showa Giken Pearl Rotary Joint and Swivel Joint

Showa Giken Pearl Rotary Joints and Swivel joint are used for supplying/discharging compressed or decompressed fluid/gas from a fixed piping to the rotary section of various machines with no leak

 

Ada yang ingin ditanyakan silahkan :

1. Jika ada Pertanyaan tentang Product ataupun harga silahkan langsung hubungi :

 .

2.  Jika ada pertanyaan atau diskusi Tentang tulisan ini silahkan email ke admin@rudywinoto.com

.

Atau silahkan isi kolom dibawah ini dan klik submit  

.  

 
About Rudy Wiratama (987 Articles)
rudywinoto.com/wmablog.com/flowmasonic.com
%d bloggers like this: