Flow Meter Solar Jenis Coriolis Mass Flow

Pemahaman Flow Meter

Flow meter adalah alat ukur yang berfungsi untuk mengukur kecepatan aliran atau flow rate serta volume cairan atau mass suatu fluida yang mengalir. Satuan dari flowmeter adalah volume perwaktu atau mass per waktu bisa berupa liter permenit, kg permenit,  liter per detik,  m3 per jam, m3 per detik, gallon per menit, gallon per jam dan lainnya. Sedangkan untuk satuan volume bisa liters, m3, gallon, barrel atau lainnya.

Flow meter  terdiri dari dua bagian utama yaitu flow sensor dan flow transmitter atau flow counting. Untuk aplikasi bahan bakar pada SPBU dimana Penggunaan flow meter untuk mengetahui jumlah volume Bahan bakar baik solar maupun bensin yang yang dapat digunakan sebagai acuan pembayaran pembelian bahan bakar.

Cara kerja pengukuran volume atau mass bahan bakar oleh flow meter secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut flow sensor yang berhubungan dengan aliran bahan bakar membrikan sinyal ke flow transmitter atau flow counting berupa besaran debit bahan bakar yang akan dihitung serta dikonversikan ke angka volume atau mass.

Komponen Flow Meter

Ada 2 bagian utama Komponen flow meter  yaitu  flow sensor atau transducer dan  flow transmitter atau sering disebut dengan converter atau flow computer atau flow gauge.

Flow sensor

Flow sensor sering disebut dengan flow tube atau transducer yang merupakan bagian paling penting berfungsi sebagai sensor untuk menangkap prilaku aliran suatu fluida.  Flow sensor ini biasanya berpengaruh apada size flow meter yang akan membawa dampak pada besarnya nilai kecepatan aliran.

Untuk flow sensor terdapat beberapa komponan sesuai dengan jenis dan model flow meternya. Yang biasa menjadi acuan adalah Maxksimal kapasitas, size flow meter, jenis koneksi, power supply, material pipa dan spesifikasi liquid. Untuk bahan material dari flow sensor disesuaikan dengan material pipa, spesifikasi fluida, temperature, pressure, dan IP class. Selain itu perlu diinformasikan apakah dibutuhkan material yang punya kelas food grade, tahan asam dan tahan abrasive.

Pemilihan jenis material flow sensor akan berakibat pada kehandalan flow meter harus disesuaiakn dengan karakteristik fluida seperti maksimal temerature, maksimal pressure, tingkat keasaman, atau kondisi lapangan yang dijadikan persyaratan pemilihan jenis material.

Saat anda harus memilih jenis flow sensor Yang membuat ragu karena kwalitas dan kinerjanya sama, sebaiknya anda menjatuhkan pilihan pada jenis flow sensor yang tidak mempunyai komponen sensor bergerak. Adanya sensr bergerak ini akan membuat kinerja flow meter akan menurun sesuai dengan waktu penggunaan karena adanya keausan pada komponen as atau bearing pada flow sensor.

Jenis Flow sensor ini biasanya menentukan tingkat keakurasian dari flow meter. Semakin tinggi ketepatran atau tingkat akurasi flow meter bisanya harga flowmeter makin mahal. Mahalnya harga flow meter karena teknology yang digunakan sebanding dengan tingkat ketepatan pengukuran.

Flow Transmitter

Flow transmitter atau ada sebagian disebut dengan converter atau flow computer berfungsi untuk membaca menangkap signal yang dikirim oleh flow sensor. Sesuai dengan teknology yang digunakan flow transmitter akan mengolah signal yang di konversikan pada flow velocity atau mass flow. Satuan pembacaan pada flow transmitter yang ditampilkan bisanya berupa units  jarak per waktu, mass per waktu atau putaran perwaktu. Hasil pembacaan tersebut saat di kombinasikan pada volume atau luas penampang bisa di tampilkan ke totalizer atau debit yang mempunyai unit total volume atau total mass.

Flow transmitter juga bisa memberikan outpput berupa analog atau counting yang tampil ke layar atau display, arus 4 – 20 mA, Pulse, Alarm dan juga data berupa komunikasi RS485.Pada jenis flow transmitter teretntu bisa juga di kompensasikan terhadap perubahan temperature dan perubahan pressure seperti pada jenis ultrasonic flow meter, magnetic flow meter, coriolis flow meter, thermal mass flowmeter serta vortex flow meter atau jenis flow sensor lainnya.

Flow Meter solar

Flow Meter Solar,  fuel flow meter atau sering disebut solar meter atau flow meter solar yang banyak dipakai di dunia industri manufacture maupun transportasi. Untuk aplikasi didunia industry fuel flow meter banyak diaplikasikan untuk proses produksi steam pada boiler, pada termo oil yang menggunakan sistem burner, dan juga pada proses painting yang terdapat proses drying yang menggunakan burner dengan bahan bakar solar. Dan juga dipakai di utility yang mana perlu Penerangan pada Genset.

Begitu juga untuk industry transportasi seperti pada pool atau pada SPBU Pertamina ataupun di galangan yang sering digunakan untuk repair kapal atau speed boat. Begitu luasnya penggunaan flow meter untuk bahan bakar ini baik untuk bahan bakar kerosine, fuel oil, medium fuel oil bahkan heavy fuel oil, sehingga memaksa para pabrikan yang memproduksi fuel flow meter menciptakan berbagai jenis yang disesuaikan dengan aplikasi dilapangan.

Sedangkan jenis flow meter berdasarkan cara kerja fuel flow meter yang banyak beredar   adalah jenis Oval Gear, Rotary, Swirl, Screw, piston, vane dan lainnya.Namun demikian untuk aplikasi tertentu seperti untuk marine dan untuk transportasi dimana kecenderungan selalu bergerak flow meter untuk oil atau untuk solar mempunyai karakteristik agak berbeda.

Sedangkan  flow meter yang digunakan untuk mengukur besaran penggunaan solar atau minyak diesel pada engine seperti pada bus, truck, heavy equipment, speed boat , tongkang , kapal atau mesin lainnya harus disesuaikan dengan kapasitas kebutuhan solar maksimal dari engine/dieselnya atau bisa juga jika tidak mengetahui kapasitas solar yang diperlukan oleh diesesl cukup dengan mengataggorikan power dari engine/diesel dengan acuan besarnya HP ( horse power).

Rheonik Coriolis Mass Flow sensor
Rheonik Coriolis Mass Flow sensor

Pemilihan Jenis Flow Meter Solar

Pada perkembangan sekarang tuntutan dari fuel meter bukan hanya pada pembacaan besarnya kebutuhan solar namun biasnya pada flow meter juga dapat dipantau atau di transferkan data dari penggunaan flow meter lewat jaringan komunikasi, dengan melengkapi alat transmiternya.

Ada banyak kasus pengguanaan fuel meter atau solar flow meter menjadi kendala dilapangan seperti yang terjadi pada transaksi pembelian atau penjual fuel engine dimana kasus yang sering terjadi adalah maslah akurasi dari alat ukur yang bukan karena jenisnya namun cara pengoprasiannya seperti halnya untuk pengukuran solar yang dialirkan menggunkan pompa pada truck tanki yang dialirkan ke tanki timbun,

Karena pada banyak penggunaan flow meter  mempunyai kecenderumgan kesalaahan pembacaan saat kondisi solar dalam tanki akan habis, dimana posisi permukaan solar berada di bawah lubang pengeluaran dari pipa yang mengakibatkan tercampurnya solar dengan udara, dimana solar yang tercampur udara tersebut akan dibaca tidak sesuai dengan kenyataan.

Rheonik Coriolis Mass Flow meter Product
Rheonik Coriolis Mass Flow meter Product

Sehingga saat dibaca pada flow meter dengan kondisi solar didalam tanki ada selisih lebih besar pembacaan di flow meter dibanding dengan jumlah solar yang ditanki penimbunan.

  • Kelebihan Menggunakan Flowmeter Solar Jenis Coriolis 
  • Pengukur aliran Coriolis mampu mengukur berbagai cairan yang seringkali tidak sesuai dengan perangkat pengukuran aliran lainnya. Pengoperasian flow meter tidak tergantung pada bilangan Reynolds; oleh karena itu, cairan yang sangat ganas juga dapat diukur. Pengukur aliran Coriolis dapat mengukur laju aliran cairan Newtonian, semua jenis cairan non-Newtonian, dan bubur. Gas terkompresi dan cairan kriogenik juga dapat diukur dengan beberapa desain.
  • Pengukur aliran Coriolis memberikan pengukuran aliran massa langsung tanpa penambahan instrumen pengukuran eksternal. Sementara laju aliran volumetrik fluida akan bervariasi dengan perubahan kerapatan, laju aliran massa fluida tidak tergantung pada perubahan kerapatan.
  • Pengukur aliran Coriolis memiliki akurasi yang luar biasa. Akurasi dasar biasanya di urutan 0,2%. Selain itu, pengukur aliran linier di seluruh rentang alirannya.
  • Jangkauan flow meter biasanya pada urutan 20:1 atau lebih besar. Pengukur aliran Coriolis telah berhasil diterapkan pada laju aliran 100 kali lebih rendah daripada laju aliran skala penuhnya.
  • Pengukur aliran Coriolis mampu mengukur laju aliran massa, laju aliran volumetrik, densitas fluida, dan suhu, semuanya dari satu instrumen.
  • Pengoperasian flow meter adalah karakteristik aliran independen seperti turbulensi dan profil. Oleh karena itu, persyaratan aliran lurus hulu dan hilir dan pengkondisian aliran tidak diperlukan. Mereka juga dapat digunakan dalam instalasi yang memiliki aliran berdenyut.
  • Pengukur aliran Coriolis tidak memiliki penghalang internal yang dapat rusak atau tersumbat oleh bubur atau jenis partikel lain di aliran aliran. Entrained gas atau slugs gas dalam cairan tidak akan merusak flow meter. Tidak ada bagian yang bergerak, penyihir akan aus membutuhkan penggantian. Fitur desain ini mengurangi kebutuhan akan perawatan rutin.
  • Pengukur aliran dapat dikonfigurasi untuk mengukur aliran baik dalam arah maju atau mundur. Dalam aliran hormat masih akan ada perbedaan waktu atau fase antara detektor aliran, tetapi perbedaan relatif antara kedua sinyal detektor akan dibalik.
  • Desain flow meter Coriolis tersedia, memungkinkan untuk digunakan dalam aplikasi sanitasi, dan untuk pengukuran cairan sensitif geser. Bahan tersedia untuk memungkinkan pengukuran cairan korosif.

Spesifikasi Flow Meter Solar Jenis Mass Flowmeter Coriolis

Berikut salah satu Spesifikasi dan model serta kapasitas Flow meter solar jenis coriolis dari rheonik

Small Size Coriolis Mass Flow Sensor

Ideal for embedded systems and precise small flow applications

Medium Size Coriolis Mass Flow Sensor

Suited to industrial and process flow control and monitoring

Large Size Coriolis Mass Flow Sensor

Perfect for material movements in small and wide-scale operations

Other Articles

author

Rudy Wiratama

rudywinoto.com/wmablog.com/flowmasonic.com

Similar Posts

Discover more from Indonesia Industrial Parts

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading