Advertisements

FLow Meter Limbah Cair

Flow meter ultrasonic dan electromagnetic untuk flow meter limbah cair

Flow meter limbah

Waste water flow meter banyak dipakai di indusri manufacture, oil and gas, pertambangan, hotel dan restoran serta di rumahsakit atau ditempat lainnya yang peduli terhadap lingkungan.

Waste water treatment banyak sekali jenisnya karena kandungan oil, limbah domistic hingga limbah karena proses chemical. Flow meter limbah yang mempunyai base water karena jenis limbah yang bermacam-macam maka pemilihan jenis waste water flow meter harus disesuaikan dengan penerapan di lapangan.

Pemilihan flow meter limbah

Namun ada beberapa point penting dalam menentukan jenis flow meter limbah ini dan yang perlu diperhatikan adalah :

  • Kapasitas flow rate dari air limbah yang dideteksi oleh sensor flow meter
  • Sifat dari air limbah yang tingkat keasaman cukup ekstrim perlu pemilihan bahan flow meter.
  • Kekotoran dari air limbah serta temperature limbah sendiri untuk menentukan jenis flow meter
  • Pressure aliran air limbah yang menggunakan pompa atau sistem gravitasi
  • Kandungan air limbah mungkin mengandung getah, lumpur seperti bubur kertas atau kotoran solid lainnya
  • Lokasi Instalasi flow meter indoor atau out door
  • Tingkat proteksi ecetrical apakah perlu water proof ( karena kemungkinan terendam air ) akibat banjir atau jalur pipa di saluran pembuangan air hujan.
  • Jenis Indicator integral atau remote yang pasanganya didalam control room
  • Model koneksi power electric AC atau DC atau dengan battery
  • Type Koneksi body sensor, flange, fitting atau drat
  • Jenis matrial sensor body Carbon steel, cast iron, Stainless steel atau Non Metal

Flow Meter limbah biasanya diaplikasikan di area yang kotor dan kesamannya ekstrim baik itu asam maupun basah, karena itu hendaknya jenis matrial flow meter untuk body sensor menggunakan stainless steel atau non metal agar lebih tahan lama dan tidak berkarat. Jika menggunakan stainless steel cukup menggunakan SUS 304 dan untuk non metal dapat juga digunakan PP atau PVC.

Pada banyak aplikasi flow meter yang dipasang di jalur pembuangan limbah yang tidak menggunakan pompa atau hanya mengandalkan gravitasi sering muncul persoalan akurasi nilai pengukuran flow rate dan totalizer karena itu untuk menyiasati hal ini bisa dilakukan dengan modifikasi installasi flow meter pada pipa keluaran maupun masukan agar akurasi pengukuran oleh sensor flow meter sekecil mungkin errornya.

Jenis Flow Meter air limbah

Untuk air limbah flow meter yang bisa dikatakan dalam katagori katagori aman dan cocok untuk karakterstik air limbah yang kotor, banyak mengandung solid, serta mungkin sangat korosif dan abrasif, Pipa pembuangan limbah yang sangat besar serta aliran yang menggunakan pompa pada pressure tinggi maupun aliran yang hanya mengandalkan sifat gravitasi atau bahkan dialiran terbuka seperti channel adalah:

  • Magnetic Flow Meter
  • Ultrasonic Flow meter
  • Open channel flow meter

Electromagnetic Flow Meter

Flow Meter electromagnetic merupakan jenis flow meter yang mempunyai populasi tertinggi untuk Flowmeter yang digunakan mengukur aliran fluid baik berupa air atau cairan lainnya baik aliran yang corosive, kotor dan lumpur.

Magnetic Flow meter yang paling banyak digunakan dalam aplikasi pengukuran aliran air dan limbah dan chemical. Magnetic flow meter ini cocok sekali jika di gunakan untuk cairan limbah bahkan untuk lumpur dan sulurry.

Karena karakteristik menggunakan sensor dan tidak ada komponen yang bergerak atau berputar didalam flow sensornya maka cukup aman jika cairan yang diukur mengnadung kotoran atau sampah.

Flow meter magnetic ini mempunyai 2 jenis berdasarkan cara instalasi yaitu

  • Inline magnetic flow meter
  • Insertion magnetic flow meter

Ultrasonic Flow meter

Ultrasonic Flow meter mempunyai dua jenis dari cara kerjanya yaitu doppler flow meter dan transit time flow meter sedangkan cara pemasangan ada secara inline dan clamp on. Sedangkan untuk tipe clamp on flow meter yang banyak sekali di minati adalah untuk karakteristik yang movable dimana flow meter ini bisa di bawah kemana mana. Dan karena kharakteristiknya yang cukup simple dan ringan flow meter ini sering disebut dengan istilah portable flow meter.

Ultrasonic flow meter cukup luas penggunaanya yaitu untuk fluid maupun untuk Gas. Ultrasonic flow meter yang digunakan untuk fluid mempunyai range aplikasi yang luas dimana bisa dipakai untuk matrial pipa dari bahan carbon steel, Stainless steel, PVC dan hingga pipa yang diberi lapisan seperti lapisan aspal, cement atau lainnya.

Untuk informasi selanjutnya bisa di lihat di read more….

Open channel flow meter

Open channel flow meter jenis flow meter yang bisa digunakan untuk mengukur aliran air dalam sebuah cahnnel atau parit atau sungai .. read more

Harga Flow Meter air limbah

Seberapa mahal harga flow meter limbah tentunya tergantung pada karakteristic dan kapasitas aliran limbah. Mungkin link berikut ini bisa dipakai sebagai referensi dasar dan ingat hanya untuk referensi aja bukan harga yang real time :

 

Advertisements

Recent Posts: Flow meters Wiratama

Rheonik Coriolis Mass Flow Meters

The Rheonik coriolis meters are primarily Mass Flow Meters and they can measure mass very accurately. These two components are RHM coriolis flow sensors and RHE Coriolis Flow Transmitters

Elektrogas Automatic Safety Solenoid Valves

Safety solenoid valves for air and gas from delta elektrogas has many models such as VMM, vmh, vmr, vml, and VMRNA

VMH Elektrogas Safety shut off valves for gas

The VMH type valve is a safety shut off valve for gas with a hydraulic actuator. It is suitable for air or gas blocking and releasing controls, required in the main pipe of gas power burners, atmospheric gas boilers, industrial kilns, and others gas-consuming appliances

Solenoid Valve Shako Pneumatics

SHAKO Pneumatics has dedicated its entire resources to the field of pneumatic products and committed its energies to develop and produce new products

Air Diaphragm Pumps

An Air Diaphragm Pumps is a type of positive displacement pump that uses compressed air as a power source.

Vane Air Motors and Air Gear Motors Tonson

Air Motors are designed to operate by compressed air. For applications, where positive braking is a requirement, a range of caliper brakes is offered.

Air Winches for lifting and pulling in Hazardous Area

An air winch is powered by compressed air instead of electricity. The drive mechanism of the air winch will begin to power the cable drum and effectively raising or lowering the attached load

Perlunya Resetting dan Kalibrasi Flow meter secara berkala

kalibrasi flow meter dimaksudkan untuk mengembalikan performa flow meter guna mendapatkan faktor ketidak pastian pengukuran, yang merupakan akurasi flow meter dengan flow caliberator dan resetting

Dimensi Flange ANSI

Dimensi Flange Ansi#150

VALCOM – PRESSURE SENSOR

Valon pressure sensor products, vpr2, vprv-d, VSW2, VPRT, VDP4, VFM, VPRH, VPMC, Pressure Meter

 

Ada yang ingin ditanyakan silahkan :

1. Jika ada Pertanyaan tentang Product ataupun harga silahkan langsung hubungi :

 .

2.  Jika ada pertanyaan atau diskusi Tentang tulisan ini silahkan email ke admin@rudywinoto.com

.

Atau silahkan isi kolom dibawah ini dan klik submit  

.  

 
About Rudy Wiratama (980 Articles)
rudywinoto.com/wmablog.com/flowmasonic.com

2 Comments on FLow Meter Limbah Cair

  1. muslim // 17/01/2012 at 03:42 //

    tlg info merk dan tipe meter air limbah cair domestic.saya mau pasang di outlet STP.trksh

  2. Restu // 31/08/2012 at 17:50 //

    Saya sudah 2 kali menggunakan water flow meter untuk buangan air limbah yang dalam hal ini adalah air limbah hasil olahan hotel. Dan permasalahannya yaitu semuanya rusak dalam waktu sangat singkat. Kerusakannya yaitu angka putaran meteran air yang tidak berfungsi alias mati. Apakah pendapat Bpk Rudy dalam hal ini? Apakah memang flow meter yang saya gunakan ini tidak bisa digunakan untuk air limbah? Tolong dibantu masukannya. Terima kasih.

Comments are closed.

%d bloggers like this: