Advertisements
News Topic

Jenis Installasi flow meter

Seperti kita ketahui flow meter digunakan untuk mengukur aliran suatu fluida baik dalam sistem tertutup seperti dalam sistem pemipaan maupun sitem terbuka seperti pada parit maupun sungai. Sehubungan dengan banyaknya jenis flow meter yang ada dan aplikasi di lapangan serta pemilihan jenis flow meter memenuhi tujuan pemasangan flow sensor,  baik dari segi fungsi maupun keakurasian maka harus di perhatikan juga dari segi biaya investasi, biaya installasi dan biaya maintenance.

Pemilihan jenis flowmeter yang didasarkan pada jenis instalasi, mempunyai peranan penting guna menurunkan semua jenis biaya di atas. Karena itu sebelum menentukan jenis flow meter yang dibeli ada baiknya kita mempertimbangkan juga Jenis installasi flowmeter apa yang harus di pilih agar proses produksi kita tidak terganggu, biaya maintenancenya kecil  dan biaya installasi juga tidak membengkak, yang tentunya juga memperhatikan  akurasi flow meter dan tujuan pemasangan flow meter tercapai .

Jenis Installasi Flow Meter dapat dikelompokan berikut ini.

Inline Flow Meter

Seperti kita ketahui jenis in line flow meter merupakan jenis flow meter yang paling banyak dikenal dan di gunakan. Hampir semua jenis flow meter mempunyai sistem instalasi inline baik yang diaplikasikan pada liquid maupun gas.

Sistem instalasi jenis inline flow meter ini dilakukan dengan memotong pipa dan sistem koneksinya bisa mengunakan ulir, flange, triclamp atau sanitary clamp, wafer, ulir maupun welding.

Insertion flow meter

Insertion flow meter adalah jenis flow meter yang instalasinya dilakukan dengan cara melubangi pipa yang selanjutnya di pasang welding fitting atau bisa juga dengan saddle fitting dan dilanjutkan dengan memasukan sensor flow meter kedalam fitting yang diperkuat dengan mur atau slotting.

Clamp on Flow meter

Flowmeter clamp on merupakan tipe flow meter yang cara instalasinya tidak melakukan pemotongan pipa maupun melubangi pipa. Clamp on flow meter ini menggunkan komponen sensor dari jenis ultrasonic yang sering di sebut dengan transducer ultrasonic. Prinsip Kerja dari clamp on flow meter ultrasonic ini dengan mengukur kecepatan aliran fluid,  menggunakan ultrasound sehingga dengan perhitungan pada transmitter ultrasonic volume yang mengalir bisa terbaca.

Dengan menggunakan sensor ultrasonik flow meter dapat mengukur kecepatan rata rata dari aliran fluida dalam pipa,  dengan cara mengukur rata rata perbedaan waktu antara waktu pengiriman signal dan penerimaan signal dengan arah aliran.

Clamp on  flowmeter ini cara instalasi dan cara kerjanya hampir sama dengan portable ultrasonic flow meter. Yang membedakan adalah flow meter ini menggunkan power yang fix dan flow meter ini biasanya digunakan untuk operasional yang lama dan digunakan untuk membaca dan dapt juga menyimpan hasil pembacaan flow dalam pipa.

Sebagaimana umumnya flow meter clamp on  mempunyai output analag 4-20 mA, alarm, relay, pulse maupun communication RS232 atau RS485. Sedangkan untuk jenis flow transmitter atau ultrasonic flow computer ada yang berjenis wall mount, pannel mount maupun pipe mount. Sedangkan untuk power suplai juga ada yang menggunakan AC 220 VAc maupun 24 Vdc

Clamp on flow meter ini hnaya di miliki oleh jenis Ultrasonic Flow meter dan untuk jenis ini ada dua model sesuai dengan fungsinya. Jenis dari clamp on ini ada yang jenis portable flow meter dan wall mount clamp on ultrasonic flow meter. Sedangkan untuk jenis portable ada yang hand held dan ada yang portable.

   

 Info lebih lanjut product clamp on ultrasonic flowmeter silahkan click

 

Open channel flow meter

Ada juga jenis flow meter yang bisa diaplikasikan untuk channel seperti aliran sungai maupun parit dimana aliran air tersebut berada pada saluran terbuka, yang aliranya dihasilkan oleh perbedaan ketinggian yaitu aliran gravitasi. Untuk jenis flow meter open channel ini menggunakan kombinasi antara flow velocity dan luasan penampang channel yang di ukur dengan sensor ketinggian atau level meter.

Open channel flow meter adalah flow meter yang dapat diaplikasikan untuk mengukur aliran pada sistem saluran terbuka seperti pada kanal, sungai atau parit. Pada dasarnya flow meter open channel ini menghitung kecepatan aliran dengan mempertimbangkan ketinggian permukaan.

Untuk pengukuran kecepatan aliran bisa menggunakan transit time flow sensor atau Magnetic flow sensor.  Sedangkan untuk ketinggian permukaan aliran menggunakan ultrasonic level sensor. Magnetic flow sensor di sini berfungsi sebagai sensor guna mengukur flow velocity yang dikombinasikan dengan sensor level meter, maka akan didapatkan flow rate dan volumetric dari aliran liquid pada open channel.

Selain menggunakan sensor magnetic untuk membaca dan mengetahui flow velocity bisa juga digunakan jenis ultrasonic flow sensor baik itu jenis dopler maupun jenis transit time ultrasonic flow sensor. Seperti halnya pengguna magnetic sensor,  ultrasonic sensor ini bertugas guna menghitung flow velocity yang di kombinasikan dengan ultrasonic level meter. Penggabungan flow velocity dengan luas penampang yang dihitung ketingianya. menggunakan ultrasonic level meter bisa menghasilkan kapasitas aliran atau flow rate aliran dalam kanal.

 

Info lebih lanjut product  Open Channel Flow Meter silahkan click 

 

Advertisements

Articles: Rudy flow meter Wiratama

Harga Flow Meter Air Limbah

Flow meter air limbah yang biasa digunakan ada beberapa model tergantung pada aplikasi dari jenis limbah, jenis material pipa, jenis installasi dan lainnya. Harga flow meter air limbah tergantung pada jenis serta model flow meter yang di gunakan juga harus di pastikan tujuan dari pemasangan flow meter air limbah tersebut. Sebelum menntukan jenis flow meter […]

Gas Meter Elster

Gas meter merupakan meter yang digunakan untuk mengukur besarnya jumlah kebutuhan gas yang mengalir pada pipa yang di lewatkan pada gas meter. Gas meter banyak di gunakan untuk mengukur kebutuhan maupun tagihan gas dibanyak tempat seperti rumah, apartemen, warung atau rumah makan, hotel dan lainnya. Gas meter yang dimaksud adalah jenis gas meter unyutk skala […]

Flowmeter air SHM

Flow meter air SHM adalah flow meter yang digunakan untuk mengetahu volume air yang mengalir dalam flow meter. Flowmeter air SHM merupakan jenis flow meter yang prinsip kerjanya menggunakan sistem mekanik dengan menggunakan komponen utama paddle wheel. Karena adanya arus aliran dalam tabung flow meter mengakibatkan paddle wheel berputar pada porosnya, dimana putaran dari paddle […]

Flow Meter Ultrasonic

Flow meter ultrasonic adalah flow meter yang prinsip kerjanya mengukur atau mengitung kecepatan aliran suatu fluida dengan menggunakan ultra sound untuk megkalkulasi flow rate. Dengan diketahuinya Kecepatan aliran maka dapt di hitung flow rate dengan mengetahui luasan penanmpang suatu jalur aliran. Flow meter ultrasonic banyak diketahui sebagai flow meter yang sistem installasinya dengan menggunakan sistem […]

Flow Meter Air Baku PDAM

Flow meter air baku pdam adalah flow meter yang digunakan untuk mengukur debit air dan total volume air baku yang akan di proses guna menghasilkan kwalitas air sesuai standart pdam. Air baku pdam bisanya dimabil dari sungai, bendungan, waduk atau sumur bor dan untuk daerah tertentu mungkin mengambil dari air laut yang di proses menjadi […]

 

Ada yang ingin ditanyakan silahkan

1. Jika ada Pertanyaan tentang Product ataupun harga silahkan langsung hubungi :

2.  Jika ada pertanyaan atau diskusi Tentang tulisan disini silahkan email ke :            admin@rudywinoto.com

  Atau silahkan isi kolom dibawah ini dan klik submit      

  Flowmagflowmasonic          

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: