Belajar Berwirausaha

Jika memang belum pernah berwirausaha menurut saya ada beberapa pemikiran dan langkah yang harus dilakukan . Sebenarnya jika ingin menjalani wirausaha tidak jauh beda dengan saat ingin bekerja.

Ketika ingin bekerja langkah yang dilakukan adalah mencari pekerjaan yang cocok yaitu :

  • Cocok dengan keahlian ( skill ) jika punya
  • Cocok dengan pendidikan
  • Cocok dengan lokasi tinggal dan kerja yang dicari
  • Cocok dengan benefit yang akan di terima
  • Doa

 Selanjutnya baru mencari kerja dan membuat lamaran dan seterusnya…. Hingga mengikuti ujian penerimaan karyawan. Saat diterima kerja pada hari pertama kerja tentunya masih belum bisa kerja  alias akan belajar kerja.

 Hanya saja saat belajar kerja akan mendapat fasilitas dari perusahaan sebagaimana aturan di perusahaan seperti mengikuti training, belajar mengerjakan tugas kerja dengan mendapatkan bimbingan para trainer baik itu supervisor ataupun manager alias mentor bahkan motivator.
Dalam Pembelajaran biasanya juga akan mengikuti fase On Job Training, Kontrak I, Kontrak II hingga diangkat status menjadi karyawan tetap.

 Ketika diangkat menjadi karyawan tetap juga ada fase pembelajaran untuk menjadi asisten, superfisor, manager hingga direktur. Dan Fase2 yang merupakan bagian dari kenaikan jenjang karir juga akan mendapatkan pembelajaran, peltihan dan percobaan serta ujian hingga tingkatan karier yang diinginkan.

Begitu Juga jika ingin berwirausaha ada fase2 yang juga harus dilalui dimana fase2 itu kurang lebih sama dengan diatas yaitu mencari jenis usaha yang cocok dan kurang lebih adalah :

  • Jenis usaha yang cocok dengan skil, pengalaman dan pengetahuan yg dimiliki
  • Jenis usaha yang cocok dengan lokasi tempat tinggal kita ( walupun siap hijrah jika tidak ada lokasi yg pas)
  • Jenis usaha yang cocok dengan modal yang dimiliki
  • Jenis usaha yang cocok dengan memberikan keuntungan/ pendapatan yang kita harapkan.
  • Jenis usaha yang cocok dengan keinginan kita terhadap perkemabngan masa depan yang bisa di kembangkan guna mengejar impian kita dimasa depan ( umur 56 )

Setelah ditemukan jenis usaha yang cocok dengan kita maka perlu dilanjutkan dengan melakukan pembelajaran baik melalui internet, koran, majalah ,  buku, tabloid, seminar, pelatihan dan lainya.

Yang perlu disadari Pembelajaran membutuhkan sumber biaya yang kita miliki baik biaya waktu, biaya tenaga, biaya perasaan, biaya uang dan sebaginya. Karena itu perlu disadari biaya untuk belajar tersebut tidak ringan dan membutuhkan keikhlasan dan kedisiplinan. Sebagimana pepatah ” Pengalaman adalah guru yang Berharga”

Jadi apakah Kita siap mendapatkan guru dengan harga yang mahal, Namun ada beberapa orang menyarankan ” Jika anda Cerdas Carilah Guru yang Murah “ sehingga kita nggak perlu mempertaruhkan segala yang kita miliki.

Selamat belajar….. semoga bisa cepat lulus….

silahkan klik ……> Mau dibawa kemana bisnis anda….?

%d bloggers like this: