Advertisements
News Topic

Prinsip kerja Electromagnetic flow meter

Prinsip Kerja Flow Meter
Flow meter electromagnetic bekerja berdasarkan Hukum Farraday pada induksi elektromagnetik untuk mengukur proses aliran.
 Tingkat tegangan sinyal sesuai dengan rata-rata kecepatan aliran yang diinduksi pada elektroda ketika cairan konduktif mengalir melalui medan magnet pada suatu kecepatan V.
Maka tegangan induksinya,
E = KBVD
dimana E =  tegangan
            K = faktor pengukuran
            B = intensitas medan magnet
            V = kecepatan rata-rata pada tabung/pipa pengukuran
            D = diameter dalam dari tabung pengukuran
Sinyal tegangan induksi ditangkap oleh satu pasang atau lebih elektroda dan ditransmisikan ke converter untuk pemrosesan. Sinyal kemudian dikonversi ke dalam sinyal arus 4 – 20 mA, sinyal denyut (pulse), sinyal keluaran ditampilkan pada  layar LCD pada waktu yang sama.
Pada umumnya electromagnetic flow meter bisa dapat bekerja dengan baik jika konduktivitas dari aliran memenuhi persyaratan, dan untuk keakurasian dari flow meter electromagnetic juga ada persyaratan kecepatan aliran minimal dan kecepatan aliran maksimum. Karena itu kapasitas dari flow meter tidak hanya didasarkan pada size flow meter yang umumnya mengikuti dimensi dari pipa.
Untuk lebih tepatnya ukuran atau size dari flow meter magnetic ini mengacu pada kapasitas pompa atau besarnya aliran dari fluida dalam pipa. Hal ini untuk menjaga keakurasian flow meter dan sekaligus guna meningkatkan efektifasnya. Karena pemilihan flow meter dengan size berlebihan menyebabkan biaya yang tinggi.
Disamping hal diatas posisi installasi dari flow meter jga perlu di perhatikan dan ini biasanya mengikuti petunjuk cara instalasi yang telah di berikan oleh manfacture guna menghindari terjadinya back pressure maupun terjadinya bubble atau terjebaknya udara di dalam flow meter. Karena itu cara installasi flow meter pada pipa yang sudah ada perlu disiasati guna memenuhi prinsip kerja, prinsip installasi dan juga mempertimbangkan installasi pipa yang ada agar biaya installasi tidak terlalu mahal.
Advertisements
About Rudy Wiratama (1073 Articles)
Rudy Winoto adalah pemberian orang dari kota minimalis di ujung timur pulau jawa Banyuwangi. Dengan bekal pendidikan pas-pasan di SD Gitik dan SMP Ndelosor dan SMA Rogojampi serta SMADA Bwi mencoba keberuntungan untuk masuk institut teknik di Surabaya dengan Jurusan Perkapalan di ITS Karena suka pindah-pindah kerja dengan alasan super kelasik " Jenuh " membuat saya nggak bisa berkarier dan memaksa saya untuk merintis usaha dengan bermodalkan super nekat, untung2an dan so'-so'an yaitu wiratama mitra abadi. Dan masih terseok-seok dalam rangka mengibarkan bendera wiratama mitra abadi yang base campnya berlokasi di Kalimalang Bekasi. Namun sedikit intisari perjalanan hidup selama ini menyadarkan akan pentingnya untuk melakukan semua hal dengan sedikit lebih baik dan lebih cepat agar bisa memberikan manfaat yang lebih baik untuk masa depan saya dan keluarga. Harpan tarbesar adalah dengan kesadaran tersebut ( masio wes telat ) bisa menghantarkan bendera wiratama ke generasi selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: