Advertisements
News Topic

Flow Meters

Flow Meter -1

Flowmeters adalah alat yang digunakan untuk mengukur laju aliran linier, nonlinier, massa atau volume dari liquid, gas ataupun solid. Flow meter mempunyai banyak jenis serta model tergantung pada aplikasi dan maksud serta fungsi dari pemasangan flow meters. Flow meter pada dasarnya bisa diaplikasikan pada sitem instalasi tertutup seperti installasi pipa maupun pada sitem aliran terbuka seperti pada sungai, parit atau channel.

Karena flow meter mempunyai banyak model serta type maka pembelian alat ukur ini harus mengacu pada spesifikasi fluida yang akan diukur, sistem instalasi yang membutuhkan koneksi ke pipa atau hanya menggunakan clamp on,  lokasi instalasi seperti di out door atau indoor, serta berada di daerah yang mudajh meledak, mudah terendam air atau sebaliknya maka diperlukan langkah awal dalam mengidentifikasi jenis fluida, material pipa dan sebagainya agar kita mendapatkan fungsi flow meter dengan maksimal.

Flowmeter magnetic

Dasar Pemilihan Jenis Flow Meter agar mendapatkan flow meter yang sesuai adalah memahami dengan benar tentang persyaratan yang ditentukan berdasarkan aplikasi flowmeter terhadap jenis fluid, dan persyaratan lainnya. Oleh karena itu, perlu waktu dalam mengevaluasi sifat dari proses fluida dan instalasi secara keseluruhan sebelum ditentukan jenis flow meter yang akan digunakan.

Berikut adalah beberapa pertanyaan kunci yang perlu dijawab sebelum memilih jenis flow meter:
  • Apakah Jenis cairan yang diukur oleh flowmeter atau flowmeters (udara, air, dll …)?
  • Apakah Anda memerlukan pengukuran besarnya flow rate dan / atau totalization dari flow meter?
  • Jika cairan tersebut bukan air, berapa viskositas cairan…?
  • Apakah cairan yang masuk kedalam flowmeter bersih, atau kotor ?
  • Apakah Anda memerlukan tampilan lokal pada flow meter atau apakah flow meter yang akan anda gunakan perlu output sinyal elektronik..?
  • Berapa besarnya Flow rate minimum dan flow rate maksimum untuk flow meter?
  • Berapakah tekanan proses minimum dan maksimum?
  • Berapakah suhu proses minimum dan maksimum?
  • Apakah cairan kimia kompatibel dengan flowmeter yang bersinggungan langsung dengan bagian flow meter…?
  • Jika flow meter ini unuk aplikasi proses berapa besrnya ukuran pipa…?

Pada dasarnya pada flow meter terdapat dua bagian yang utama yaitu sensor dan indicator. Flow Sensor digunakan untuk menaangkap prilaku dari fluid yang akan diukur yang diteruskan ke Flow transmiter atau flow computer atau magnetic converter yang diteruskan ke  indicator sehingga tujuan dari pemasangan flow meter sesuai dengan yang tujuan yang diharapkan.

WUF100 J

Ketika akan memilih jenis flow meter, harus mempertimbangkan faktor-faktor non teknis seperti pengenalan dengan baik flow meter terhadap operator di pabrik, pengalaman mereka dengan kalibrasi dan pemeliharaan, ketersediaan suku cadang, dan pengalaman terhadap cara mengoprasikan dan kesalahan lainnya. Yang perlu juga menjadi pertimbangan adalah biaya installasi yag harus dipertimbangkan setelah pemilihan jenis flow meter. Kesalahan paling umum dalam menentukan jenis sensor flow meter adalah menggunakan logika terbalik yaitu dengan memilih  flow meter berdasarkan harga yaang murah. Jika ini dilakukan maka yang terjadi adalah biaya installasi dan oprasional akan mahal.

Dasar Pemilihan Jenisi flow meter yang benar adalah adalah pemahaman yang menyeluruh dan jelas tentang persyaratan aplikasi tertentu. Oleh karena itu, perlu waktu dalam mengevaluasi secara keseluruhan dari sifat fluida, proses dan oprasional.

Langkah pertama dalam pemilihan sensor flow meter adalah untuk menentukan apakah informasi flow rate  harus terus menerus atau ditotal, dan apakah informasi ini diperlukan lokal atau jarak jauh. Jika jarak jauh, harus transmisi menjadi analog, digital, atau dibagi terhadap fungsi lainnya ?

Karena itu perlu ditentukan sebagai acuan apa saja data minimal yang diperlukan. Setelah pertanyaan-pertanyaan ini dijawab, evaluasi sifat dan karakteristik aliran dari fluida proses, dan pipa yang akan menampung dipasang flow meter tersebut, harus berlangsung. Karena itu biasanya pihak manufacture dari flow meter menyiapkan form isian yang berupa pertanyaan yang harus dijawab sebelum mereka memberikan saran jenis dan installasi flow meter yang kita gunakan.

Advertisements

Articles: Rudy flow meter Wiratama

Flow Meter Air Baku PDAM

Flow meter air baku pdam adalah flow meter yang digunakan untuk mengukur debit air dan total volume air baku yang akan di proses guna menghasilkan kwalitas air sesuai standart pdam. Air baku pdam bisanya dimabil dari sungai, bendungan, waduk atau sumur bor dan untuk daerah tertentu mungkin mengambil dari air laut yang di proses menjadi […]

Thermal Mass Compress air and gas flow meters VA500

Flow sensor for compressed air and gas – VA 500 Contrary to the previously used bridge circuit the newly developed evaluation electronics of our flow sensor records all measured values digitally. This leads to a better accuracy also in case of large measuring spans of 1:1000. What are the advantages of our flow measuring technology? […]

Flow meters for compressed air and gas

Fow meters from CS Instruments work according to the calorimetric measuring principle. This means, while measuring the thermal mass flow or standard volume flow, no additional temperature and pressure compensation is necessary. The standard volume is a common volumetric unit used to compare gas quantities at different pressures and temperatures. In order to meet various […]

Batch Controller N series fluidwell

The product group “Batch Controllers” offers multiple batch controllers in the N-Series, F-Series and D-Series product ranges. The batch controllers can be used for accurate dispensing of small amounts of liquids up to the loading of trucks with two-stage control and analog multi-stage control. Specially designed for the delivery of unknown quantities of product is […]

Flow Computers fluidwell

The product group “Flow Computers” offers a unique range of comprehensive solutions to calculate the consumption and net flow at standard conditions or the ratio between two flows. Typical applications are found on board of ships to calculate the fuel consumption, gas flow calculation in power plants and the monitoring of two component blending. The […]

 

Ada yang ingin ditanyakan silahkan

1. Jika ada Pertanyaan tentang Product ataupun harga silahkan langsung hubungi :

2.  Jika ada pertanyaan atau diskusi Tentang tulisan disini silahkan email ke :            admin@rudywinoto.com

  Atau silahkan isi kolom dibawah ini dan klik submit      

  Flowmagflowmasonic          

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: