Industrial Connector

Connector

Electrical Connector

Industrial Connector

Cable connector

 

Cable Connector yang sering disebut dengan socket, colokan listrik, stop contact, electrical connector atau Connector electric adalah sebuah alat konduktif untuk menggabungkan sirkuit electric bersama-sama. sambungan tersebut mungkin bersifat sementara, seperti untuk peralatan portabel, atau mungkin memerlukan alat untuk perakitan dan pemutusan, baik untuk aliran listrik permanan antar dua perangkat dengan menggunakan kabel listrik. Ada banyak jenis elctrical connector yang digunakan dibanyak jenis industri manufacture,industri otomatisasi, industri transportasi, industri kesehatan, industri komputerisasi ataupun industri telekomunikasi yang mampu digunakan untuk mengirim dan menerima data.

Jenis dan model connector yang banyak di gunakan di dunia industri adalah heavy duty connector baik yang berbentuk circular maupun rectangular. Brand yang paling banyak di pakai adalah Connector Harting karena harting connector mempunyai variant yang cukup luas baik dari segi type dan aplikasinya. Untuk Brand Dari jepang yang banyak sekali digunakan di dunai industri adalah dari Nanaboshi dan connector Hirose namun ada juga dari JAE connector.

Connector ini dari segi pemakaian kapasitas tegangan ada yang dari tegangan DC dan AC dengan tegangan rendah hingga high volt 3300 volt begitu juga amperenya ada yang hngga 500 ampere. Sedangkan jumlah contact ( pin ) dari connector ada yang hingga 128 contact.

Mengenai aplikasi ada yang indoor dan out door hingga explosion prrof connector dan water proof connector hingga 40 KPa.

Type connector dari brand japan seperti Nanaboshi connector antara lain : NCS, NJW, NWPC, NET, NEW, NR, NRW, NET, NMI, NHVC dan lainnya. Bentuk dari Connector nanaboshi seluruhnya adalah circular connector. Nanaboshi Connector pada dasrnya terdiri dari Plug connector dan receptacle Connector dengan aplikasi installasi dimana receptacle connector selalu dipasang pada panel/mesin. Bahkan untuk aplikasi khusus ada juga connector explosion proof dari sibas connector.

 

Sedangkan untuk Harting Connector yang sering ditemui di dunia industri di Indonesia meliputi Industrial connector terdapat beberapa jenis connector yaitu : Han A, Han Kit, Han E, Han D, Han Hsb, Han K, Han Q, Han Termocouple dan lainnya dimana bentuk dari connector harting ini adalah rectangular connector. Jens Connector Harting ini terdapat beberapa bagian yaitu insert male, insert female, housing dan hood. Untuk Housing connector harting ada beberapa design dengan posisi cable hole di samping ( side entry ) dan top entry. Sedangkan untuk type hood juga terdapat dua jenis design mounting yaitu type surface mounting dan bulkhead mounting tergantung pada aplikasi dan untuk aplikasi connector di panel mesin sering dipakai type bulkhead mounting

 

info lebih lanjut ………

%d bloggers like this: