Advertisements
News Topic

Action atau Planning duluan…?

Wirausaha

Business Plan    Action  !!!!!!

Saat kita akan belajar berwirausaha selalu dihadapkan pada petuah para pesohor yang mempunyai pandangan berbeda. Di suatu kondisi formal dengan pendidikan memadai dan banyak membaca literature jika dibandingkan dengan mereka yang berada pada kondisi terjepit karena ekonomi atau karena kejenuhan tingkat dewa.

Untuk kebanyakan orang dalam memulai suatu aktifitas selalu di buat perencanaan agar aktifitas kita terukur, terarah dan hasilnya akan sesuai dengan keinginan kita alias membawa kesuksesan dan kepuasan. Begitu juga kalo kita ingin memulai suatu aktifitas baru seperti berwirausaha yang merupakan aktifitas yang bagi para karyan adlah hal baru dan asing di tingkah laku.

Dari sii muncul pertanyaan kita Sebaiknya kita bikin perencanaan detail agra bla… bla… bla… atau kita bikin rencana sesingkat mungkin dan secepat mungkin kemudian langsung action….???

Seperti halnya pertanyaan ayam duluan atau telur duluan…? Dengan semua logika dan alasan masing-masing merasa paling benar ketika disuruh menjawabnya. Begitu juga ketika kita diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini…..?

  • Menikah duluan atau menyiapkan papan, sandang  dan lainnya duluan….?
  • Hamil duluan atau menyiapkan baju bayi, kebutuhan bayi dan biaya kelahiran duluan….?
  • Merantau ke Jakarta duluan atau menungu ada panggilan test kerja duluan…?
  • Action duluan atau buat planning duluan….?

Mungkin kalimat diatas terlalu ekstrim, namun sejak kita lahir hingga dewasa mungkin semua sepakat bahwa kata kata setelah “atau” membutuhkan waktu, energi dan segalanya harus “lebih”. Tapi kita tidak pernah sadar bahwa sebagaian besar dari kita dalam menjalani kehidupan dilakukan dengan menggunakan kata sebelum “atau” . Hal ini dikarenakan sebagaian besar dari kita baru bisa mejalani kata setelah “atau” ketika kita merasa cukup mendapatkan pengalaman sebagaimana pepatah ” pengalaman adalah guru yang paling berharga”.

Begitu juga dalam perilaku wirausaha, sebagian besar pelaku wirausaha pada saat pertama kali membuka usaha baru bisa membuat perencanaan, ketika sudah tahu seluk beluk usaha. Hal ini dikarenakan Saat memulai usaha, walaupun sudah merasa mengetahui segalanya tetapi yang terjadi sesungguhnya  kita terlalu minim mempunyai pengetahuan akan usaha yang akan kita jalankan.

Apakah dengan action duluan tanpa business plan maka usahanya tidak jelas arahnya….? …eit….tunggu dulu…. banyak para pelaku usaha ketika pertama kali terjun di dunia business tidak pernah menyangka bahwa businessnya merambah ke seluruh pelosok nusantara bahkan ada yang mampu ekspor. Tapi tidak sedikit para pelaku usaha setelah 20 th usahanya hanya begitu-begitu saja bahkan ada yang bubar.

Apakah dengan membuat business plan duluan sebelum action usahanya akan mudur-mundur atau kadang malah nggak jadi membuka usaha, karena begitu rumitnya dan takut tidak mampu menagggung beban bila usahanya bangkrut…..? nah.. nggak semuanya begitu…. Coba kita amati Aqua, MNC, Astra dan lainnya semua businnes yang didirikan selalu didahului oleh suatu perencanaan yang matang dari research market, SDM, pembiayaan dan lain sebagainya sehingga berhasil menjadi perusahaan yang tangguh dan mapan.

Pada dasarnya pembuatan business plan sangat penting, karena ini akan berdampak pada target, evaluasi dan pengembangan business. Namun demikian pembuatan business plan bukan suatu harga mati saat kita ingin mulai belajar berwirausaha. Business plan adalah kerangka acuan yang kita dalam menjalankan dan mengembangan usaha.

Banyak dari para pembelajar wirausaha yang kesulitan dalam membuat business plan dan bahkan ketika business plan sudah dibuat sedemikian rinci justru yang terjadi para pembelajar wirausaha justru mundur karena banyaknya kesulita-kesulitan yang ada didepan. Dari mulai kesulitan membuat business plan, resiko usaha yang akan dijalani, dan kegamangan serta kesulitan cara memulainya. Karena untuk merubah cara berfikir dan bertindak untuk masuk ke zona tidak nyaman, zona penuh resiko bukanlah hal yang mudah. Hal ini menjadi kendala utama seseorang yang baru akan memulai belajar berwirausaha.

Jadi bagi siapapun yang ingin belajar dan mencoba berwirausaha ketika mereka sudah berada di zona nyaman hendaknya menyadari hal ini, karena itu jika memang harus membuat business plan ( karena jago dan pengalaman dalam perencanaan) hendaknya tidak membuat business plan yang terlalu rumit dan detail, cukup membuat kerangka utama dan langsung action sedangkandetail dari busness plan dapat dibuat mengaju pada waktu dan pengalaman saat menjalani dan mengelola business.

Repotnya bagi para pembelajar yang tidak cakap dalam membuat perencanaan, mungkin bisa mencari literature, banyak tanya dan mencari mentor. Dikarenakan dalam membuat perencanaan karena tidak punya pengalaman dan bahan atau literature maka yang diperlukan adalah keberanian alias nekat dan mengasah ketajaman insting dlam mengelolah business.

Apapun awal dan cara yang kita lakukan dalam mebangun usaha ” Ketajaman dalam menangkap peluang, menciptakan peluang dan penyelesaian persoalan saat menjalankan business di perlukan secara muntlak “

Advertisements

Articles: Rudy flow meter Wiratama

Flow Meter Air Baku PDAM

Flow meter air baku pdam adalah flow meter yang digunakan untuk mengukur debit air dan total volume air baku yang akan di proses guna menghasilkan kwalitas air sesuai standart pdam. Air baku pdam bisanya dimabil dari sungai, bendungan, waduk atau sumur bor dan untuk daerah tertentu mungkin mengambil dari air laut yang di proses menjadi […]

Thermal Mass Compress air and gas flow meters VA500

Flow sensor for compressed air and gas – VA 500 Contrary to the previously used bridge circuit the newly developed evaluation electronics of our flow sensor records all measured values digitally. This leads to a better accuracy also in case of large measuring spans of 1:1000. What are the advantages of our flow measuring technology? […]

Flow meters for compressed air and gas

Fow meters from CS Instruments work according to the calorimetric measuring principle. This means, while measuring the thermal mass flow or standard volume flow, no additional temperature and pressure compensation is necessary. The standard volume is a common volumetric unit used to compare gas quantities at different pressures and temperatures. In order to meet various […]

Batch Controller N series fluidwell

The product group “Batch Controllers” offers multiple batch controllers in the N-Series, F-Series and D-Series product ranges. The batch controllers can be used for accurate dispensing of small amounts of liquids up to the loading of trucks with two-stage control and analog multi-stage control. Specially designed for the delivery of unknown quantities of product is […]

Flow Computers fluidwell

The product group “Flow Computers” offers a unique range of comprehensive solutions to calculate the consumption and net flow at standard conditions or the ratio between two flows. Typical applications are found on board of ships to calculate the fuel consumption, gas flow calculation in power plants and the monitoring of two component blending. The […]

 

Ada yang ingin ditanyakan silahkan

1. Jika ada Pertanyaan tentang Product ataupun harga silahkan langsung hubungi :

2.  Jika ada pertanyaan atau diskusi Tentang tulisan disini silahkan email ke :            admin@rudywinoto.com

  Atau silahkan isi kolom dibawah ini dan klik submit      

  Flowmagflowmasonic          

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: