Positive Displacement Flow Meter

Positive Displacement  Flow Meter atau sering disebut dengan PD Flow Meter merupakan jenis  flow meter  yang mengukur volume atau flow rate gerakan fluida dengan membagi suatau ruangan media yang tetap dengan volume yang terukur. Positif perpindahan (PD) flowmeters membuat pengukuran aliran volumetrik mengambil kenaikan terbatas atau volume dari fluida. Sebuah analogi dasar akan memegang ember di bawah keran, mengisi ke tingkat yang ditetapkan, lalu cepat-cepat menggantinya dengan yang lain dan waktu ember tingkat di mana ember diisi (atau jumlah ember untuk aliran “ditotal”) . Dengan tekanan yang tepat dan kompensasi suhu, laju aliran massa dapat ditentukan secara akurat. PD Flow Meter mempunyai beberapa jenis berdasarkan teknologi atau bentuk chamber dan rotasinya :

  • Reciprocating piston / piston berosilasi – piston setiap mekanis atau magnetis dioperasikan untuk mengisi silinder dengan cairan dan kemudian debit fluida. Setiap stroke merupakan pengukuran yang terbatas dari fluida.
  • Oval Gear – dua roda gigi berputar oval dengan gigi disinkronkan “memeras” sejumlah terbatas cairan melalui meteran untuk setiap revolusi.
  • Nutating disk – disk dipasang pada bola adalah “bergoyang” tentang sumbu oleh aliran fluida dan rotasi masing-masing mewakili jumlah terbatas cairan ditransfer.
  • Baling-baling putar – Sebuah impeller berputar mengandung dua atau lebih baling-baling membagi ruang antara baling-baling ke volume diskrit dan masing-masing rotasi (atau lewat vane) dihitung.
  • Diafragma – Fluida ditarik ke dalam sisi inlet dari sebuah diafragma berosilasi dan kemudian menghilangkan ke stopkontak. Diafragma berosilasi siklus dihitung untuk menentukan laju aliran.
Positive Displacement Flowmeters sangat akurat dan memiliki tinggi turndown. PD Flow Meter dapat digunakan pada fluida yang sangat kental, cairan kotor dan korosif dan pada dasarnya tidak memerlukan alur aau jaringan pipa yang harus lurus untuk pengkondisian. Flow meter ini banyak digunakan dalam transfer  minyak dan cairan cair (bensin) dan diterapkan pada gas alam rumah tangga dan metering air. Argometer diafragma, yang kebanyakan dipakai dalam rumah tanga, adalah contoh dari satu PD flow meter. Jenis meter  ini dalam aplikasinya menarik dan menahan serta mentransfer fluida dalam rangka mengambil ruang dalam meteran sehingga berfungsi dari alat ini guna membaca flow rate maupun total fluida yang mengalir berfungsi sebagaimana mestinya.
Flowmeters PD relatif mahal dan menghasilkan tekanan diferensial yang  tinggi jika dibandingkan dengan semua jenis flowmeter.
PD Flowmeters mengukur laju aliran volume atau aliran cairan atau gas bergerak dengan membagi media dengan tetap pada volume yang terukur. Perangkat ini terdiri dari ruang yang menghalangi aliran media dan mekanisme berputar atau reciprocating yang memungkinkan bagian dari jumlah volume yang tetap. Jumlah fluida yang melewati ruangan menentukan volume fluida. Tingkat revolusi atau putaran menentukan laju aliran. Ada dua tipe dasar PD Flowmeters Sensor-hanya sistem atau transduser yang berpindah-seperti perangkat yang menyediakan output untuk prosesor, controller, atau sistem akuisisi data. Sistem sensor yang lengkap memberikan kemampuan tambahan seperti tampilan terpisahkan dan / atau user interface. Untuk kedua jenis PD Flow Meters spesifikasi kinerja termasuk tekanan operasi, temperatur, berat jenis material maksimum, ukuran koneksi, dan akurasi persen. Yang menentukan apakah PD Flow Meters yang dirancang untuk memindahkan cairan atau gas didasarkan pada perusahan yang memproduksi flow meter.
Desain dari aliran PD Flow Meterd dalam ruang masuk dan keluar selalu berputar berulang-ualang guna mengisi volume kompartemen kosong dengan cairan atau gas yan mengalir dalam kompartemen yang tersedia.. Laju aliran dihitung dari tingkat kompartemen ini diisi dan dikosongkan. Jenis komponen dalam flow meter ini bisa berupa disc nutating, gigi oval, gigi heliks ayaupun piston atau screw.
Flowmeters disk Nutating didasrkan pada cara kerja seakan akan seperti anggukan kepala, yang berarti mengangguk atau goyang. Sebuah meter nutating disk memiliki piringan bundar yang dipasang pada poros dalam ruang silinder. Dengan melacak gerakan spindle, flowmeter menentukan jumlah perangkap kali ruangan dan cairan kosong. Informasi ini digunakan untuk menentukan laju aliran.
Dengan  Oval Gear Flow Meter, dua gear oval atau rotor yang dipasang di dalam silinder. Sebagai fluida mengalir melalui silinder, tekanan fluida menyebabkan rotor berputar. Seiring dengan peningkatan laju aliran, demikian juga kecepatan rotasi rotor.
Helical gear flowmeters disebut demikian karena dari bentuk gigi mereka atau rotor. Rotor ini menyerupai bentuk heliks, yang merupakan struktur berbentuk spiral. Sebagai fluida mengalir melalui meter, memasuki kompartemen di rotor, menyebabkan rotor untuk memutar. Laju aliran dihitung dari kecepatan rotasi.
Ada beberapa jenis lain dari positive-displacement flowmeters, termasuk piston berosilasi, berputar sabit, dayung berputar, baling-baling geser, dan lain-lain. Ini terutama berbeda menurut cara mereka menjebak cairan dalam kompartemen dengan bentuk yang berbeda.
Perpindahan positif (PD) meter dapat mengukur baik cairan dan gas. Seperti meter turbin, flowmeters PD bekerja dengan baik pada cairan yang bersih, cairan non-korosif, dan non-erosif dan gas, meskipun beberapa model akan mentolerir beberapa kotoran. Karena akurasi tinggi, meter PD secara luas digunakan di tempat tinggal untuk mengukur jumlah gas atau air yang digunakan.
Beberapa desain mengharuskan hanya cairan pelumas akan diukur, karena rotor yang terkena cairan. PD meter berbeda dari turbin meter di mana flow meter ini cukup baik untuk digunakan pada fluida dengan viskositas menengah dan tinggi. Untuk alasan ini, flow meter PD sering digunakan untuk mengukur aliran cairan hidrolik. PD di atas 10 inchi secara disain mempunyai matrial yang cukup berat, besar, dan relatif mahal. PD meter membutuhkan pipa hulu sangat sedikit, dan dengan mudah dapat menangani aliran yang rendah. Penurunan tekanan dapat menjadi masalah.
%d bloggers like this: