Flow Meter Air SHM

Deskripsi

Woltman Flow Meter air shm diidentikan dengan water meter, jenis water meter shm ini paling banyak digunakan baik di industri, irigasi serta perumahan. Waltman flow meter ini umumnya dihubungkan dengan pengukuran helix dan populer pada pengukuran ukuran-ukuran besar.

Flow Meter shm ini banyak digunakan untuk aplikasi pengukuran fluida air baik untuk irigasi maupun untuk flow meter rumah tangga ataupun PDAM sehingga banyak disebut dengan istilah water meter atau meter air

Prinsip kerja Woltman Flow meter Air

Pada dasarnya Pengukuran  Flow Meter air shm terdiri dari rotor dengan bilah-bilah menyerupai kipas angin yang dimasukkan secara aksial ke dalam aliran. Banyak juga yang menyebut flow meter ini dengan istilah paddle wheel flow meter, turbine flow meter,  helical screw flow meter.

Untuk sistem pembacaanya biasanya menggunakan mechanical register dan sering disebut dengan flow meter analog. Flow meter air ini dioperasikan tanpa menggunakan power listrik dan apabila membutuhkan keluaran output baru menggunakan listrik.

Flow meter airv shm waltman ini dapat di install dengan posisi horizontal maupun vertikal, Untuk material bisa juga digunakan material carbon steel, cast iron maupun stainless steel atau kuningan tergantung pada permintaan customer.

Waltman water meter ini ada kendala dan tidak cocok jika digunakan pada jenis air yang kotor apalagi digunakan untuk cairan lumpur. Hal ini dikarenakan kotoran atau lumpur akan menyebakan putaran dari baling2 pada poros akan berhenti berputar jika ada benda asing yg menyangkut dan bahkan sistem pembacaan meter tidak bekerja dan bisa berakibat rusak.

Flow meter air shm jenis woltman merupakan jenis flow meter yang membutuhkan maintenace secara berkala. Walupun tidak ada kotran yang mengakibatkan macet jika digunakan dalam waktu lama maka air yang tidak homogen akan menyebakan timbulnya kerak didalam water met. Kerak ini akan berakibat putaran baling baling tidak sesuai dengan yang distandartkan. Karena itu kita harus secara berkala membersihkan bagian baling baling serta karena adanya putaran baling baling pada poros  bisa aus maka harus dilakukan kaliberasi.

Other Articles

author

Rudy Wiratama

rudywinoto.com/wmablog.com/flowmasonic.com

Similar Posts

Discover more from Indonesia Industrial Parts

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading