Advertisements
News Topic

Prinsip dasar Air motor

Air motor 
Pneumataic motor
Air motor sebagaimana electro motor ataupun hydraulic motor digunakan untuk menghasilkan daya putar yang bisa dihubungkan dengan equipment ataupun mesin lainnya dengan menghubungkan sitem couple maupun tali ataupun rantai.
Air motor pada prinsipnye menghasilkan putaran yang dihubungkan dengan sebuah sistem udara bertekanan, untuk menghasilkan putaran sangat tinggi, yang mana bisa mencapai 10.000 putaran per menit atau lebih. Air motor berdasarkan cara kerja atau sistem atau bentuknya berupa kisi/ atau blade atau vane dan piston.
Pada dasarnya air motor bekerja karena adanya aliran udara yang bertekanan. Dikarenakan udara bertekanan mengalir secara kontinyu guna menggerakaan vane atau piston maka air motor cukup tepat untuk aplikasi di area yang temperatur ruang diatas rata-rata.
Sebagaimana electro motor Air motor juga dapat dihubungkan dengan gear dengan rasio yang bervariasi ataupun bisa dihubungkan dengan pully maupun coupling guna menggerakan pompa, rantai, conveyor, agitator, mixer atau equipment lainnya yang membutuhkan tenaga putar.
Arah putaran air motor juga bisa searah putaran jarum jam atau sebaliknya. Sedangkan untuk tenaga putar dan kecepatan putaran dari air motor dapat diatur dengan mengatur besar kecilnya aliran udara bertekanan dengan cara mengatur besar kecilnya pressur udara maupun kecepatan aliran udara dengan menyetel regulator dan speed control.

Advertisements
About Rudy Wiratama (1073 Articles)
Rudy Winoto adalah pemberian orang dari kota minimalis di ujung timur pulau jawa Banyuwangi. Dengan bekal pendidikan pas-pasan di SD Gitik dan SMP Ndelosor dan SMA Rogojampi serta SMADA Bwi mencoba keberuntungan untuk masuk institut teknik di Surabaya dengan Jurusan Perkapalan di ITS Karena suka pindah-pindah kerja dengan alasan super kelasik " Jenuh " membuat saya nggak bisa berkarier dan memaksa saya untuk merintis usaha dengan bermodalkan super nekat, untung2an dan so'-so'an yaitu wiratama mitra abadi. Dan masih terseok-seok dalam rangka mengibarkan bendera wiratama mitra abadi yang base campnya berlokasi di Kalimalang Bekasi. Namun sedikit intisari perjalanan hidup selama ini menyadarkan akan pentingnya untuk melakukan semua hal dengan sedikit lebih baik dan lebih cepat agar bisa memberikan manfaat yang lebih baik untuk masa depan saya dan keluarga. Harpan tarbesar adalah dengan kesadaran tersebut ( masio wes telat ) bisa menghantarkan bendera wiratama ke generasi selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: