Gast Air Motor

Gast Air Motor
Air Motor
Pneumatic Motor

Gast air motor adalah air motor atau pneumatic motor yang dikeluarkan atau di produksi oleh Gast Manufacturing, Inc yag berlokasi di Benton Harbor Amerika Serikat.

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya dalam menentukan atau memilih air motor atau peneumatic motor dari brand GAST ini juga perlu diketahu kebutuhan powernya serta besaran putarannya.
Sedangkan dari lubrikasi motor Gast air motor ini tersedia dengan sitem lubrikasi ( Lubricated air Motor) maupun tanpa lubrikasi (Non-lubricated Air Motors ).

Air Motor gast mempunyai juga jenis matrial dari stainless steel. Air motor dari gast manufacturing mempunyai range speed yang cukup luas yaitu berada pada kisaran 300 RPM hingga 10000 RPM, dan variable speed ini bisa dikendalikan dengan mengurangi besaran pressure dari konsumsi angin yang masuk ke air motor. Karena sifatnya yang mengalirkan udara bertekanan pada komponen dalam air motor maka untuk pemakaian dengan kondisi ekstrim dimana temperatur ruangan yang mencapai 120 dec celcius dan jika menggunakan elecro motor tidak memungkinkan pilhan penggunaan air motor brand gast ini tepat sekali.

Selama menggunakan kwalitas udara bertekanan yang terkontrol dimana udara yang digunakan cukup kering dan bersih serta adanya lubrikasi yang tepat maka bisa dikatakan dalam oprasionalnya gast air motor ini tidak dibutuhkan maintenance sebagaimana penggunaan electro motor. Begitu juga untuk jenis dan arah putaran motor ada yang cw rotation (clockwise ) , CCW Rotation ( counter-clockwise ) dan Reversible

Air Motor Gast manufacturing ini mempunyai jumlah vane sebanyak empat dan delapan vane, dimana yang paling banyak digunakan adalah yang menggunakan 4 vane sedangkan untuk aplikasi yang khusus bisa menggunakan yang 8 vane hanya saja air motor ini harganya lebih mahal. Begitu juga untuk jenis non lubricated air motor harganya akan lebih mahal namun tidak di perlukan lbricator.

Dalam menentukan type air motor pada sebeanrya acuanya hanyalah power dan speed yang dibutuhkan sebagaiman kita menetukan elektro motor yaitu besaran Horse Power (HP) atau kilo watt (KW) serta RPM nya. Sedangkan untuk merubah besaran power dan speed cukup dengan mengatur besar dan kecilnya udara bertekanan yang masuk kedalam air motor. Namun demikian hendaknya pemilihan besaran dari power terhadap kebutuhan type air motor bisa digunakan pada kisaran tiga perempat power air motor tersebut untuk menghindari terjadinya over load.

Air Motor pada penggunaan di lapangan biasnya ada beberapa pengertian yang harus dipahami dimana ketika beban naik ( torque meningkat) maka akan di ikuti dengan berkurangnya speed. Begitu juga sebaliknya pada pressure udara yang sama jika beban berkurang maka torque akan berkurang yang mana akan membawa konskensi speed motor ( RPM) akan meningkat. Karena itu perlu adanya alat untuk mengatur besar kecilnya pressure udara yang dialirkan ke dalam air motor agar kita bisa medapatkan speed dan torque yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Untuk melihat performa dari Air motor yang di produksi oleh Gast Manufacturing, inc dapat di lihat dibawah ini ( yang diambil dari katalog gast air motor ).

 

Info selanjutnya silahkan klik : Air Gear Motor

%d bloggers like this: