Cara Install Electromagnetic Flow Meter

Flow Meter
Magmeter
Magnetic Flow Meter
Electromagnetic Flow Meter


Flow meter electromagnetic merupakan flow meter yang mengacu pada hukum faraday dimana pada perhitungan utamana didasarkan pada pengukuran gerakan konduktor yang didasarkan pada perhitungan alogaritma yang mencakup luas penampang yang dilalui oleh liquid dalam suatu area yang mempunyai induksi elektromagnetik. Karena itu sangat penting dalam menentukan pola installasi untuk mencegah tidak penuhnya luasan penampang perhitungan. Karena itu untuk menghindari adanya tekanan balik dan rongga udara dalam suatu penampang electromagnetic flow meter disyaratkan adanya jarak masuk dan jarak buang dari liquid yang mengalir kedalam sensor electromagnetic flow meter. 
Karena itu sebelum memasang flow meter electromagnetic perlu di perhatikan persyaratan installasi dari  manufacture dan ini biasanya terdapat dalam amnual book flow meter. Umumnya pemasangan ini didasarkan pada kelipatan diameter pipa / size dari magmeter bisa dipasang sejauh 5 x diameter pipa untuk menghindari efek dari turbulen karena adanya back pressure maupun peningkatan atau pengurangan besrnya pressure dikarena adanya reduksi ataupun peningkatan diameter pipa yang dipasang. Karena hal ini bisa berpengaruh pada akurasi pembacaan alat flow meter electromagnetic.

 

Namun demikian hal utama yang harus diperhatikan dan hal ini sering diabaikan yaitu tidak menginstal electromagnetic flow meter di dekat medan magnet yang kuat karena hal ini akan mengganggu operasi. Generator semacam medan magnet yang transformer, motor listrik atau HV atau sirkuit arus tinggi. 

 

Hal kedua adalah menghindari gelembung udara atau gas dalam cairan yang akan diukur oleh electromagnetic flow meter. hal ini karena berkaitan dengan perhitungan yang didasarkan pada hukum faraday electromagnetic. Hal ini terkadang menjadi masalah dalam kondisi posisi arah aliran yang rendah seperti sistem gravitasi atau dekat katup udara pada installasi pompa. Oleh karena itu untuk memastikan tidak adanya gelembung udara dalam aliran liquid pada pipa ada baiknya installasi pipa dibuat miring sedikit mungkin bisa di buat kemiringan 3 derajad untuk memastikan adanya gelembung udara yang terjebak dalam pipa bisa keluar dengan mudah.




Info lainnya klik : Cara Memilih Type Flow Meter
%d bloggers like this: