Cara Kerja Flow Meter Ultrasonic Portable

Flow meter ultrasonic atau ultrasonic flow meter merupakan flow meter yang dapat digunakan pada semua aplikasi seperti pada aplikasi pada gas dan liquid. Ultrasonic flow meter ini ada beberapa yang digunakan namun yang paling luas dan banyak digunakan karena mempunyai karakteristic non contact dan bisa digunakan dengan cara clamp on serta cara pemakaian yang sangat efektif adalah Portable flow meter
DSC_0051
Portable Ultrasonic flow metermerupakan meter jenis inferensial (mengukur secara tidak langsung) yang menentukan kecepatan aliran cairan dengan mengukur waktu transit pulsa suara frekuensi tinggi  yang melintasi pipa aliran.  Waktu transit adalah waktu yang diperlukan pulsa suara yang melintasi pipa dalam dua arah, yaitu searah dan berlawanan arah dengan arah aliran.   Perbedaan waktu yang digunakan untuk melintas dari dua arah tersebut sebanding dengan rata-rata kecepatan aliran.  Karena pengukuran aliran berdasarkan waktu transit, maka metode ini disebut juga dengan ultrasonic transit time flow meter.
5e49d-copyof20130724_110654
Untuk metode pada ultrasonic transit time mempunyai keunggulan karena cara kerjanya berdasarkan pada  velocity (kecepatan aliran) jadi tidak bergantung dari obyek yang ada di dalam fluida tersebut, sehingga ultrasonic tipe transit time banyak digunakan di dalam custody transfer (product yang diukur mempunyai nilai jual). Selain itu juga tidak ada moving parts (benda bergerak) atau pressure drops (penurunan tekanan). Akurasi yang dihasilkan juga bagus yaitu 0.2 %[2].
Portable Ultrasonic transit time Flow Meter cocok sekali digunakan untuk para engineer yang ingin mengecek suatu system yang ingin mengetahui besaran atau flow rate dari suatu cairan dalam pipa. Biasanya Portable flow meter ini digunakan untuk mengecek besaran sistem pendinginan mesin, sistem lubrikasi, Kapasitas pompa, dan lainya agar persolan mesin atau kwalitas produksi yang berhubungan dengan sitem pendinginan bisa di deteksi sejak dini. Atau bisa juga Portable flow meter ini di gunakan untuk mengecek Performa Flow meter yang terpasang sehingga pemabacaan flow meter karena kerusakan bisa terdeteksi atau juga bisa digunaan untuk mengkaliberasi flow meter yang terpasng.
DSC_0304
%d bloggers like this: