Repair Cylinder

Cylinder baik hydraulic maupun pneumatic umumya dilakukan perawatan secara berkala baik itu perawatan total hydraulic system dengan mengganti oli , filter dan lainnya maupun pada cylinder itu sendiri dengan penggantian seal kit dan rehardchrome rod piston. Untuk perawatan cylinder hydraulic hendaknya dilakukan dengan seksama dimana seal kit harusnya diganti keseluruhan
Pada dasarnya cylinder hydraulic dan cylinder pneumatic yang umum di lakukan pemeriksaan saat repair ada 3 bagian utama yaitu :
1. Seal Package
2. Rod Piston
3. Cylinder tube
Ketiga komponen ini apabila sudah tidak setandart hendaknya di lakukan pengantian dimana untuk seal kit lebih baik di ganti semua. Seal kit yang harus diperhatikan adalah pada rod seal dan dust seal serta O-ring, karena seal tersebut rawan mengalami kerusakan, baik karena proses pembongkaran cylinder maupun saat assemby cylinder.
Sedangkan untuk rod piston apabila tidak terjadi scratch terlalu dalam bisa dilakukan dengkian jika teran proses grinding/poleshing dan di rehardchrome. Namun Demikian jika scratch rod cylinder terlalu dalam dan untuuk mengembalikan dimensi rod piston agar mempunyai toleransi standart sehingga sesuai dengan ukuran rod piston dan dust seal jika biaya rehardchrome terlalu mahal lebih baik rod piston diganti. Karena proses hardchrome ulang yang terlalu tebal tidak akan bisa menjamin dikemudian hari cylinder tersebut tidak menimbulkan masalah.
%d bloggers like this: