Berkarir Atau Berbisnis

Dua kata yang selalu menjadi perdebatan yang tak pernah berakhir sepanjang manusia indonesia mayoritas masih bodoh dan melarat.

A. Ah… bukankah wiraswasta itu lebih enak karena bebas ngatur, bebas memerintah, bebas memilih waktu libur, bebas mengembangkan ide dan skill, pokoknya bebas segalanya….

B. Yeee…. Enakan kerja diperusahaan yg besar, dapat tunjangan rumah, tunjangan mobil, tunjangan kesehatan, tunjangan asuransi, jamsotek, tiap bulan gaji tidak berkurang dan akhir tahun akan dapat bonus berlipat2, lebaran dapat THR, setiap tahun ada kenikan gaji dan kenaikan2 yang lainya dan setersunya dan seterusnya.

Kira-kira 2 pendapat diatas merupakan pendapat, tuduhan, ocehan, dan kalimat syukur yang selalu diucapakan dan diyakini oleh 2 kubu yang pro maupun yang anti terhadap pekerja maupun pedagang ( wiraswasta.

Nah… pada kesempatan ini kira kira yang dapat dan cocok kita jalani yang mana…? apakah yang A atau mungkin kita udah manteb dan bahkan udah kita geluti selama 20 th lebih untuk yang B.

Apakah 2 bagian diatas harus dipertentangkan….? Adkah keinginan kita untuk memadukan alias memixing 2 bagian tersebuat agar benar2 bisa senyawa dan menjadi satau bagian yang dapat kita pelajari, rencanakan, jalani praktekan sehingga menjadi karakter kita sebagai manusia yang ingin punya kebebasan yang bertanggung jawab.

1. Bagaimana cara mecampur dan mengaduk agar benar2 senyawa dan bisa menjadi karakter hidup kita kedepan…..?
2. Apa saja kira2 kendala yg akan kita hadapi dalam mencampur…?
3. Persiapan apa aja yg harus kita sediakan agar kita dpat dg tanggunh dan bertenaga dalam mengaduk2 bagian tersebut…?
4. Silahkan dilanjutkan
5. monggo diisi bagi yang ingin iseng menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri

Mungkin disituasi krisis yang nggak tahu kapan akan berakhir sekarang ini, nggak ada slahnya kalo kita meluangkan waktu sedikit dan mengasah naluri kita untuk menjadi manusia yang lebaih berguna lagi.
Ayo…. kita teruskan diskusi Pekerja VS Wirausaha.

%d bloggers like this: