Aset Yang Terlantar

Dari banyak cerita yang didengar dari pengalaman orang yang telah menjalani membuka usaha, dimana endingnya pasti yang berbuah segar dan besar, namun yang berbuah tidak besar alias busuk bahkan pohonnyapun layu yang akhirnya tumbang alias mati tidak pernah ada khabar beritanya.
Dari semua pengalaman para pelaku tentunya dapat di urai dan didisimpulkan yang kemudian direncanakan untuk diri kita, jika kita ingin benar2 dan serius serta bertekad ingin punya usaha mandiri walaupun kita masih bekerja dengan istilah hidup di dua impian ( impian jadi direktur di tempat kerja dan impian jadi preskom di warung yang akan dijalankan).

Untuk menjadi preskom didunia usaha yangg akan dirintis, harus disadari dan di persiapakn mental yang lebih agar kita selalu optimis dalam menjalankannya. Ketika kita telah bersusah payah menjadi karyawan dan dengan penghematan yang dilakukan kita dengan tak sadar mempunyai aset yang mati, diam dan tidak bermanfaat seperti tabungan, rumah, mobil dan lainnya.
Jadi jika anda punya asset (jika dirupiahkan) 200 jt ( nilai rumah, mobil, tanah, tabungan) dari th 2005 .
apakah tahun 2009 ini udah menjadi 1.200jt?? atau minimal menjadi 600 jt???
Jika tidak … !!! cechk..cehck… cehck… celaka…
Anda telah melakukan kesalahan besar….
Anda telah membiarkan 4 tahun berjalan tanpa karya dan kerja keras
Anda tidak pernah memanfaatkan dan mengoptimalkan 2 otak yang telah dikarunikan Tuhan di kepala anda.
Sadarkah….. bahwa anda telah salah dan ceroboh memanage asset anda…
Bukankah asset yang anda punyai sekarang ini adlah nikmat yang telah dikarunikan Tuhan?
Bukankah andah telah diberi nikmat sebelumnya sehingga bisa menjadi seorang supervisor, manager, insinyur, atau apalah namanya..? Sadarkah ……. anda adalah hasil produk pendidikan menenganh, perguruan tinggi atau sekolah keguruan yang cukup membuat anda masuk kalangan terbatas, komunitas terbatas dan anda adalah komunitas masyarakat berkarier, komonitas yg pantang menyerah, komunitas pekerja keras dan kreatif…bung!!!!!

Kita harusnya sadar, mobil, tabungan(dengan bunga bank yang minim), rumah atau tanah yang kita miliki, jika kita bisa mengatur dengan baik asset tersebut maka 5 tahun kedepan akan bisa menjadi minimal 5 kali.

apakah kita menyadari dan memikirkan hal ini???
Jika belum maka dapat disimpulkan: Anda tidak pernah mensyukuri nikmat yang telah diberikan Tuhan….?

Jika anda menganggap anda telah melakukan keteledoran, kebodohan dan ketidak berdayaan dan ingin memperbaiki masa lalu maka mulai sekarang langkah yang harus anda ambil adalah :
1. Data Asset barang yang anda miliki
2. Data asset potensi yang anda miliki ( Keterampilan (jika anda merasa terampil), kecerdasan ( jika anda merasa cerdas), skill, waktu, relasi dan keluarga )
3. Bicarakan dengan semua komponen yang anda miliki.
4. Buat rencana untuk meningkatkan asset anda dimulai dari bagaimana, kapan dan dimana?
5. Siapkan semua perangkat yg anda butuhkan
6. Jika anda kebingungan carilah referensi di toko buku, seminar, internet, dialog di radio, forum bisnis dan lainnya.
7. Anda juga belum mendapatkan kemantapan ?????
8. Mari kita bangun komonikasi dua arah , komunikasi dialogis dan komunikasi saling memberi dan menerima serta menebarkan empati ke sesama komunitas , untuk membantu agar semua persoalan untuk mencapai peningkatan kwalitas masyarakat komunitas guna menuju dan membangun kemajuan dan kemandirian daerah tercinta Bumi Nusantara dapat menemukan bentuknya dengan slogan ” Tingkatkan dan pertajam jiwa enterpreneurship di masyarakat Nusantara …”

%d bloggers like this: