Air Motor / Pneumatic Motor / Air Gearmotor

Air motor / Air gear motor
Motor adalah penggerak yang umum dan banyak digunakan adalah menggunakan tenaga listrik dan sering disebut dengan elektro motor. Pada sebagian aplikasi elektro motor dianggap tidak dapat mewakili mungkin dikarenakan aplikasi yang khusus seperti karena power dan RPM yang dihasilkan susah diseting atau mungkin karena aplikasi yang menuntut dilarang adanya aliran listrik dan mungkin karena ambient temperatur yang sangat ekstrim diatas 60 derajad celcius.
Karena itu pemakaian motor yang cocok untuk hal ini adalah air motor atau sering disebut dengan pneumatic motor. Seperti halnya elektro motor variabel yang digunakan dalam menentukan model dari air motor ini adalah power ( KW atau HP) serta RPM. sementara untuk mounting juga ada yang foot mounting atau flange mounting.
Dan untuk aplikasi tercouple ke gear dinamakan Air gear motor dan pemilihan dari model harus di informasikan rationya. Yang terpenting pada penggunaan air motor adalah suplai compress air yang harus stabil dan biasanya konsumsi dari compress air ini tergantung besar kecilnya model yang digunakan (HP atau KW ), air motor cukup sederhana sekali cara kerjanya dan kebanyakan terdiri dari 2 macam type yaitu type piston  air motor dan vane air motor, walaupun ada juga yang gear.
Mengenai harga air motor ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan  elektro motor, namun kharakteristik yang unggul dari air motor karena sifatnya explosion proof, sehingga aman dari ledakan dan kebakaran, sehingga banyak sekali air motor digunakan untuk mixer pada industri cat yang solvent base.
Hanya saja dalam mengatur besarnya tenaga serta kecepatan putar  dari pneumatic motor dapat diatur dengan mudah dan untuk mengoprasikan cukup dengan membuka dan menutup valve serta untuk besarnya tenaga/tourque pneumatic motor yang dihasilkan cukup dengan setting regulator serta kecepatan putar ( revolotion per minute ) dapat dilakukan dengan setting speed control.

air motor dalam segi maintennace cukup simple dan bisa dikatakan free maintenance, aslakan kualitas udara yang digunakan memenuhi standart atau telah melewati air treatment dengan benar.
Dari segi harga pnumatic motor atau air gear motor tentunya untuk brand dari USA dan Eropa sangat mahal sekali. Brand yang beredar di pasaran adlah PSI ( neumatic system Inc), Gast, Huco Dynatork, Globe, Atlas copco, Ingersoll Rand, Mannesmann Demag, Deprag Inc.

Jika Ingin harga air motor yang lebih ekonomis bisa menggunakan produk dari China , Taiwan atau Korea dan mungkin Dari Jepang, Air motor Harganya bisa agak murah namun sedikit sekali. Seperti Tonson air motor yang mempunyai variasi aplikasi begitu luas atau lainnya

 Dalam menentukan model dan type dari air motor ataupun air gear motor tidak ada bedanya dengan menentukan type dan model dari ectro motor atau electri gear motor  yarng digunakan yaitu tenaga /power yang dinginkan dengan standar satuan KW atau HP, selanjutnya adalah jenis dari mounting air motor apakah foot mounting atau flange mounting hal ini tergantung pada aplikasi yang digunakan. Begitu juga untuk  Pneumatic gearmotor maka perlu ditambahkan Ratio yang dinginkan.
Secara umum Air motor yang ada di pasaran sesuai standart variant nya tidak terlalu banyak dari segi power yang beredar dipasaran adalah : Power : 0.45 HP , 0.93 HP, 1.7 HP, 4 HP, 5.25 HP, 9.5 HP, dan 2.5 HP
Ratio untuk Air Gear Motor : 15:1, 10:1, 20:1, 40:1, 60:1,

FEATURES :
– 100% Explosion-proof
– Never Burn Out
– Mounting Flexibility
– Stalling Safety
– self-Sealing & Cool Running
– All Plane Operation
– Stepless Speed Control
– Smooth Start
– Toleration of Environment

Info selanjutnya silahkan klik : Jenis Air Motor


Air gear motor, Air motor, Gast, Pneumatic gear motor, Pneumatic Motor

%d bloggers like this: