Advertisements
News Topic

Cara Memilih seal Hydraulic dan Pneumatic

Jenis seal Hydraulic dan Pneumatic

Bagian yang tak kalah pentingnya dalam sebuah sistem baik pada Cylinder hydraulic maupun Cylinder pneumatic adalah sealkit yang terdapat dalam cylinder. Sebagaimana pada bagian cylinder Seal Kit juga terdiri dari beberapa bagian yaitu Piston Seal, Rod Seal, Dust Seal  atau Wiper dan O-ring yang merupakan penghubung antara bagaian-bagian cylinder.

Seal hydraulic cukup banyak sekali bentuknya sesuai dengan fungsinya serta bahan yang digunakan juga bermacam-macam dari bahan yang standard hingga yang tahan panas diatas 100 drajad celcius.

Mengenai bentuk dari seal hydraulic biasanya untuk masing-masing manufacture memberi type yang berbeda-beda hal ini penting di ketahui sebagai cara memilih seal hydraulic sedangkan bahan yang digunakan mengacu pada beban dan aplikasi temperature. Untuk standart sering digunakan poly Urethane(PU), Nitrile Rubber(NBR), Hydrogenated Rubber( NHBR), Ethylene Propylene Rubber(EPDM), Fluorine Rubber(FR) dan masih banyak lagi bahan special atau gabungan yang digunakan.

Dan sebagai catatan untuk aplikasi seal hydraulic yang bekerja pada temperature tinggi ( pada area yang panas seperti peleburan logam  ) biasanya digunakan bahan HNBR yang tahan hingga temperature 135 derajad celcius atau bisa juga menggunakan seal hydraulic dengan menggunakan bahan EPDM bisa tahan hingga 150 derajad celcius dan FKM yang mampu kerja hingga temperature 200 derajad celcius dan PTFE (Polytetrafluoroethylene) yang cukup ekstrim karena mampu kerja hingga temperature 260 derajad celcius.

Berikut ini bentuk dan type seal hydraulic yang disadur dari katalog Sakagami seal Namun demikian untuk aplikasi dengan pressure yang tinggi banyak dipakai jenis V-Packing baik untuk rod seal maupun piston seal tergantung pada kebutuhan. Kharekter V Packing yang bertumpuk memungkinakan umur dari seal ini lebih awet namun demikian dari segi harga cukup mahal.

Selain seal tersebut pada cylinder dilengkapi dengan O-ring yang berfungsi sebagai seal setatis untuk mencegah keluarnya fluida ( angin atau oli) keluar dari bagian-bagian yang tehubung pada cylinder seperti bagian cylinder tube dengan end cup, cylinder tube dengan head cylinder atau dudukanya, piston dengan rod.

Sedangkan untuk untuk cylinder dengan stroke yang yang panjang biasanya dilengkapi dengan wear ring yang berfungsi untuk menjaga kesetabilan gerakan ang berfungsi sebagai sliding bearing. Pada aplikasi lapangan dimana Cylinder hydraulic yang original sering dilakukan modifikasi dengan tujuan menurunkan maintenance cost karena sealkit susah sekali didapatkan atau pemilihan cylinder hydraulic original tidak sesuai dengan aplikasinya sehingga performance cylinder rendah.

Dalam hal ini yang dimaksud adalah mengganti seal original ( bawaan cylinder ) dengan seal yang terdapat di pasaran indonesia. Hal ini sering sekali dilakukan selain  menurunkan maintenance cost juga pada kasus tertentu bertujuan meningkatkan performace cylinder, dikarenakan seal bawaan cylinder biasanya disesuaikan dengan dari mana cylinder tersebut di buat.

Banyak cylinder yang dibuat di Eropa atau Amerika menggunakan seal dengan standart negara tersebut sehingga saat melakukan penggantian seal kesulitan mendapatkannya. Seal dari brand eropa atau amerika sangat sulit didapatkan di Indonesia kecuali yang di produksi oleh Hallite, itupun jenis-jenis tertentu biasanya tidak terdapat setock dan harus inddent hingga 3 bulan. Bahkan untuk seal yang diproduksi oleh parker sendiri yang notabane brand dari parker sudah banyak populasinya di Indonesia juga sulit didapatkan dan biasanya masalah klasik nggak ada stock dan indent.

Karena harga yang mahal dan waktu delevery yang lama banyak sekali dilakukan modifikasi untuk mengganti brand dan type yang disesuaikan dengan stock yang terdapat di pasaran Indonesia. Modifikasi jika dilakukan harus memperhatikan aspek Bahan / matrial seal dan Jenis/ model / type dari seal, hali ini untuk menjaga performance dari cylinder baik terhadap besarnya pressure dan ketahanan dari seal. Modifikasi hendaknya dilakukan seminimal mungkin dengan merubah dimensi dari dudukan seal baik pada dudukan piston, maupun head cylinder.

Pada aplikasi lapangan banyak sekali dilakukan perubahan ukuran rod piston karena sebab tertentu terdapat cacat sehingga rod piston atau cylinder tube di repair dengan di grinding dan di rehardchrome atau di honning pada cylinder tube. Tujuan dari repair rod piston atau cylinder tube untuk menekan biaya service cylinder dan yang paling fatal dilakukan adalah ketika perubahan dimensi diameter baik rod maupun cylinder tube terlalu berlebihan sehingga saat dihardchrome tidak mampu mencapai ukuran standart yang selanjutnya dilakukan dengan merubah ukuran (dimensi ) diameter seal hydraulic.

Dari tahapan dan langkah seperti ini akan membuat maintenance cost justru lebih mahal, karena setiap penggatian seal kit yang rutine dilakukan selalu dengan seal kit pesanan khusus karena ukuran cylinder tube atau rod piston sudah berubah. Yang perlu diketahui bahwa seal yang tidak standart atau pesanan khusus harganya pasti  akan sangat mahal sekali dan waktu pembuatannya juga memakan waktu yang lama. Selain mahalnya harga seal pesanan khusus yang perlu diwaspadai adalah dimensi dari seal yang pesanan ini biasanya di kerjakan dengan proses machining dan bukan proses molding ( cetakan).

Advertisements

Articles: Rudy flow meter Wiratama

Firetrol Fire Pump Controller

Firetrol Fire Pump Controllers is the leader in the fire pump industry that prides itself in excellence through innovation and quality. Firetrol offers a variety of fire-pump controllers, jockey pump controllers and transfer switches. Firetrol combined automatic and manual fire pump controllers are intended for starting electric motor driven fire pumps.  Firetrol fire pump controllers are listed, […]

Material CORTEN A / JIS G 3125 SPAH

MATERIAL DESCRIPTION/MAIN CHARACTERISTICS Weathering means that due to their chemical compositions COR-TEN A and COR-TEN B steels, when utilised unprotected, exhibits increased resistance to atmospheric corrosion compared to unalloyed steels. This is because it forms a protective layer on its surface under the influence of the weather. The corrosion retarding effect of the protective layer […]

Flow meter demin water

Flow meter demin water adalah flow meter yang di gunakan untuk mengukur aliran air yang telah melalui proses pengolahan air guna removel mineral hingga kation serta anion yang terkandung dalam air. Demin water ini karena konduktivitasnya kecil sekali bahkan mendekati nol maka harus di treatment tersendiri proses penggunanya seperti tidak bisa di alihkan pada pipa […]

Flowmeter air RO

Flow meter air RO sebaiknya menggunakan flow meter air dengan material yang mempunyai kelas food grade. Banyak yang beranggapan bahwa air RO bagus untuk kesehatan, namun banyak juga yang berasumsi air RO tidak bagus untuk kesehatan karena dalam tubuh kita membutuhkan kandungan mineral seperti magnesium, kalsium dan lainya yang mempunyai kandungan anion dan kation. Air RO […]

Menentukan type flowmeter magnetic

Memilih dan menentukan type flowmeter magnetic Flow meter magnetic merupakan flow meter air yang mampu beroperasi pada jenis caira yang mempunyai konduktivitas tertentu seperti air bersih, air minum, air limbah, air sungai, air lumpur, kecap, susu, cairan kimia dan lainnya. Karena banyaknya jenis cairan yang mempunyai konduktifitas maka perlu kiranya kita mengetahui dalam menentukan type […]

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Memilih seal Hydraulic dan Pneumatic | STAINLESS STEEL & HIGH PERFORMANCE ALLOYS
  2. Menentukan Jenis seal Hydraulic dan pneumatic | PT. Lintas Teknik Solusi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: